Bangga! Angklung Sunda Bisa Sampai ke Amerika

08 May 2018

 

Pop Patriotics! ada satu kabar membanggakan nih dari ranah Jawa Barat. Angklung, salah satu alat musik tradisional Jawa Barat dimainkan di gedung PBB di New York 30 April 2018! Dan… para pemainnya diimpor langsung dari Saung Udjo Bandung. Saung ini memang udah wara-wiri ke berbagai belahan dunia dengan angklungnya. Mulai dari Jepang, Korea Selatan sampai ke New York! 

Nama acara pagelaran budaya di PBB ini adalah “Bamboo for Peace: Enchanting Sounds and Rhythms of Indonesia”. Enggak cuma Saung Udjo doang yang jadi pengisi acara di sini, tapi juga ada penari dari Padepokan Jugala Taya. 

sumber: ptri new york

Para undangan excited banget lho dengan acara ini. Soalnya, mereka diajarin langsung sama seniman dari Saung Udjo main angklung. Bayangin aja, ada sekitar 500 diplomat dari 193 negara yang  memainkan instrument ini di sana. Seru ya, jadi kaya orkestra gitu!

Tujuan dari pagelaran budaya ini sendiri adalah sebagai salah satu bentuk kampanye Indonesia sebagai calon anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB 2019-2020. Kalau angklung sendiri dipilih untuk mengisi acara ini karena merupakan salah satu warisan budaya dunia dari Indonesia yang udah ditetapkan oleh UNESCO. 

sumber: angklung-udjo.co.id

Eits, tapi nggak cuma itu, acara ini juga diadakan untuk mengenalkan pariwisata Indonesia ke para tamu undangan. Jadi, keindahan Indonesia  yang seperti surga dunia ini bisa dikenal oleh lebih banyak orang dan pariwisata kita jadi terkenal banget deh. 

Kalau kamu bisa main angklung nggak Pop Patriotics!? Jangan mau kalah dong sama delegasi negara-negara PBB, mereka aja bisa lho bahkan sampai konser segala. Yuk, pelajari budaya sendiri, karena budaya kita, identitas kita

SHARE & COMMENT