Pejuang Air Indonesia, Dari Membangun Waduk Sampai Membuat Pembangkit Listrik Tenaga Air

09 May 2018

 

Air sebagai kebutuhan pokok manusia punya banyak banget manfaat yang bisa digunakan. Mulai dari pengairan, pertanian, sumber listrik, dan kegiatan kita sehari-hari. Tubuh kita juga sebagian besar terdiri dari air kan?  Nggak bisa dipisahkan dari kehidupan deh kegunaannya.  

Nah, ngomongin hal ini, tau nggak sih kalau ternyata ada lho orang yang memperjuangkan air untuk kebutuhan bersama di lingkungan tempat tinggalnya? Mereka adalah Sugeng Handoko dan Romo Marselus Hasan. Kedua orang ini memperjuangkan kebutuhan air masyarakat sekitar mereka dengan cara yang nggak biasa Pop Patriotics!

sumber: sindonews.com

Sugeng Handoko sebagai warga Yogyakarta membuat waduk kecil di atas bukit Desa Ngelanggeran. Waduk ini digunakan untuk menampung air hujan supaya pada saat kemarau bisa digunakan untuk mengairi kebun durian dan kelengkeng.

sumber: go-desa.com

Beda lagi dengan Romo Marselus Hasan dari NTT. Dia membangun pembangkit listrik tenaga makro hidro yang menggunakan air sebagai penggerak. Dengan ini, sumber listrik masyarakat jadi terus terpenuhi deh.

Dari apa yang sudah dilakukan ini, mereka mendapatkan penghargaan sebagai pejuang air oleh Ades dan The Nature Conservancy. Sebagai sesama orang Indonesia, Damn! sangat berterima kasih atas jasa kedua orang ini. Karena air kan kebutuhan pokok semua manusia dan peran air di kehidupan itu besar banget. Perubahan yang udah dilakukan oleh kedua orang ini juga membawa dampak positif di daerah mereka.

Seperti di Desa Ngelanggeran, Yogyakarta yang sudah bisa mendapat sumber air saat kemarau dan di NTT masyarakatnya bisa mendapatkan sumber listrik yang bisa digunakan untuk kegiatan rumah tangga maupun usaha-usaha kecil.

Makanya, ayo kita buat perubahan-perubahan berarti untuk negeri kita sendiri. Karena sebagai orang Indonesia kita harus membantu sesama dan saling peduli. Kalau bukan kita, siapa lagi? J

SHARE & COMMENT