damniloveindonesia
damniloveindonesia
Membatik Bareng Damn! I Love Indonesia & Daniel Mananta di Dapur Solo
18 Feb 2016
Posted By Damn! I Love Indonesia (Ester Pandiangan)
 

Pernahkah Urban Patriotics sadari kalau membatik membutuhkan waktu, tenaga ekstra serta ketelitian super untuk menghasilkan secarik kainnya? D! bersama 16 Indonesia Proud Makers udah membuktikannya di event “Membatik Bareng Damn! I Love Indonesia dan Daniel Mananta di Dapur Solo” yang diadakan kemarin, Selasa (16/02) di Dapur Solo Jalan Panglima Polim I No. 95.


Nah, di sana kita diajarkan detail prosesi membatik sama tim Segosae (Mas Hamdi dan Mbak Niken) yang punya workshop batik di Mall Kotakasablanka LG Floor. Mulai dari cara duduk yang harus melingkar supaya menghindari panas dari lilin yang dimasak sampai cara memegang canting yang benar. Ugh, perlu ketekunan dan kesabaran juga ternyata! Pantas saja kalau batik harganya sedikit lebih mahal ketimbang produk baju jenis lainnya. Proses pembuatannya rumit dan membutuhkan waktu panjang namun worth it sih begitu melihat hasilnya.

Sembari membatik tim Segosae menceritakan tentang filosofi-filosofi batik. Sebenarnya setiap motif batik memiliki arti dan penggunaannya masing-masing. Misalnya batik dengan motif parang artinya keberanian dan perjuangan. Jadi jangan digunakan untuk menghadiri pernikahan, kecuali kawinan mantan ya hehehe. Terus motif batik yang ada di baju Korpri adalah motif sayap garuda sidomukti yang artinya kejayaan dan kemuliaan. Nah, baru tahu juga kan?


Beragamnya motif batik di Indonesia nggak terlepas dari kebudayaan yang pernah masuk ke Indonesia. Seperti Belanda dan China misalnya. Makanya jangan heran kalau orang Indonesia punya motif naga pada batiknya juga mengenal barong alias barongsai. Buat Urban Patriotics yang karyanya paling oke, mendapatkan kursus membatik gratis di workshop-nya Segosae. Ini dia nih, tiga yang karyanya oke banget…

  

Acara kemarin nggak hanya diisi dengan membatik aja tapi juga chit-chat seru dengan Daniel Mananta dan Ny. Swan. Event yang juga dibikin sebagai bentuk apresiasi kepada loyal customers ini sengaja dibikin intim untuk menambah kedekatan Urban Patriotics dengan Daniel dan produk Damn! I Love Indonesia itu sendiri. Setiap orang memperkenalkan diri dan bercerita mengenai apa aja. Mulai dari hal yang umum seperti sejak kapan menggunakan produk Damn! I Love Indonesia sampai ke hal pribadi seperti hobi dan pekerjaan. Ternyata Urban Patriotics yang datang kemarin banyak yang dari daerah jauh; Serang, Surabaya bahkan ada yang dari planet Bekasi hehehe. Semangat Urban Patriotics untuk ikutan event ini benar-benar berasa banget, sampai ada salah satu peserta dari Bandung (Maulana Hariyanto) yang membawakan merchandise yang dibikinnya sendiri dari koin bertuliskan Damn! I Love Indonesia lho!! D! sampai terharu *hiks*.



Di sana kita nggak hanya ber-damn I love Indonesia-ria aja tapi juga mengenal belajar banyak tentang kuliner Solo. Ny. Swan sebagai pendiri Dapur Solo banyak memberikan nasihat dan cerita mengenai perjalanannya merintis Dapur Solo di tahun 1988 hingga sekarang. Beliau menganjurkan supaya anak-anak muda untuk mulai mencintai pangan dan kebudayaan lokal. Jangan tergerus budaya luar, biar pangan lokal tetap lestari sampai kapanpun. Salah satu nasihat Ny. Swan yang paling nyesss banget adalah “jangan mau diatur oleh waktu tapi kita yang seharusnya menggunakan waktu dengan sebaik-baiknya,” plus “jangan menjadi generasi instan yang hanya mau terima jadi saja, berjuanglah, Guys!” 


Daniel Mananta selaku founder Damn! I Love Indonesia, setuju banget dengan apa yang dikatakan Ny. Swan, ”Event ini digelar juga di Dapur Solo supaya anak-anak muda semakin mengenal kebudayaan Indonesia nggak hanya melalui cerita-cerita saja tapi juga terjun langsung pada proses pembuatannya (batik) termasuk mencicipi kuliner tradisional Solo.” Daniel juga berharap lewat event ini, bersama Urban Patriotics bisa lebih menghargai batik sebagai salah satu kesenian Indonesia yang wajib dilestarikan dan tentunya makin cinta produk Indonesia.

Oh, ya ini adalah event Damn! I Love Indonesia yang lain setelah keseruan grand launching store di Manado yang “pecah” banget akhir tahun lalu. Eiits, tenang aja, bakal ada event-event selanjutnya yang bikin kita bisa saling mengenal dan makin cinta Indonesia tentunya!! Dan jangan lupa untuk cek terus www.damniloveindonesia.com/explore!  


COMMENT


Merayakan Imlek Lewat Fiksi Mini ❮ Prev Article
Damn! I Love Indonesia #IkutGerak Mewujudkan Indonesia #BebasSampah2020 Next Article ❯
RELATED POST
SHOP THE PRODUCTS
Tee Signature Org Logo Wh...
IDR IDR 250.000
Cullote Line Sign Black
IDR IDR 299.000
Scarf UB Black
IDR IDR 190.000
Raglan Damn Garuda Navy M...
IDR IDR 275.000