damniloveindonesia

Apa Yang Terjadi di Hari Dharma Samudera?


16 Jan 2019

Posted By Damn! I Love Indonesia

 
Kobarkan semangat pertempuran!

Kisah Komodor Yos Sudarso di Pertempuran Laut Aru


Hai Pop Patriotics! Ada yang tahu gak tanggal 15 Januari itu hari apa? Di tahun 2019 ini, 15 Januari memang benar hari Selasa. Tapi lebih dari itu, tanggal 15 Januari diperingati sebagai Hari Dharma Samudera. Ayo mengenal sejarahnya!


Apa itu Hari Dharma Samudera?

Hari Dharma Samudera diperingati untuk mengenang peristiwa pertempuran Laut Aru, di mana Angkatan Laut Republik Indonesia (ALRI) bertempur melawan kapal destroyer milik Belanda. Peristiwa ini terjadi di tanggal 15 Januari tahun 1962 silam dan ada banyak hal yang bisa kita pelajari tentang peristiwa itu. Coba kita lihat apa yang terjadi disana yaa.


Di sisi ALRI, ada kapal RI Matjan Tutul, RI Matjan Kumbang, dan RI Harimau. Kapal RI Matjan Tutul sendiri pada saat itu dipimpin oleh Komodor Yos Sudarso (ada yang pernah dengar namanya? Yang tinggal di Jakarta Utara pasti pernah denger nih).


Di sisi Belanda, ada kapal Hr. Ms. Evertsen, Hr. Ms. Kortenaer, dan Hr. Ms. Utrecht. Mereka didukung P-2 Neptune dan kapal jenis Frely.


Pasukan Belanda awalnya melakukan tembakan peringatan yang jatuh dekat kapal RI Harimau. Meski Komodor Yos Sudarso sudah memerintahkan ketiga kapal untuk kembali, tetapi kendali kapal RI Matjan Tutul macet. Hal ini membuat mereka terus belok ke kanan yang dikira oleh pasukan Belanda sebagai manuver penyerangan.


Pasukan Belanda kemudian menembaki mereka, walaupun serangan pertama tidak mengenai mereka, tetapi serangan kedua tepat menghantam kapal RI Matjan Tutul. Disana, menjelang nafas terakhirnya, Komodor Yos Sudarso dengan berani meneriakkan “kobarkan semangat pertempuran!” yang menjadi terkenal hingga saat ini.


KRI Macan Tutul, kalau mau baca lebih lanjut bisa klik disini


Mengapa pertempuran ini terjadi?

Kira-kira sebulan sebelum pertempuran laut Aru ini terjadi, Presiden Soekarno melaksanakan Operasi Trikora (Tri Komando Rakyat). Operasi Trikora ini memiliki tujuan menggabungkan Irian Barat dari cengkraman Belanda yang katanya akan menyerahkan Irian Barat namun tak kunjung terlaksana. Kita akan mempelajari lebih banyak tentang Operasi Trikora di hari-hari berikutnya ya! Stay tuned yah, Pop Patriotics!


Ada baiknya kita mengingat jasa para pahlawan yang telah mengorbankan nyawa mereka untuk berdirinya negara kita. Seruan terakhir Komodor Yos Sudarso juga baik untuk kita ikuti. “Kobarkan semangat pertempuran!” menjadi kalimat yang terkenal karena ini menunjukkan betapa kita seharusnya tidak menyerah terhadap penjajah.


Kalimat tersebut juga bisa diambil hikmahnya dan kita terapkan di dalam kehidupan kita masing-masing. Sebagai murid, jangan pernah menyerah dan terus semangat untuk dapat mengalahkan ujian yang akan kita lewati. Sebagai warga usia kerja, kita harus bisa mengobarkan semangat untuk mengalahkan pekerjaan yang harus diselesaikan hari ini.


Gimana menurut kalian? Pertempuran apa yang sedang kalian alami? Kobarkan semangatmu terus and have a great day!


SHOP THE PRODUCTS
Sticker Sign Pink Medium
IDR IDR 30.000
Signature Multi Case Whit...
IDR IDR 85.000
Tee Potrait Proclamator W...
IDR IDR 265.000
Sticker Sign Damn! Grey H...
IDR IDR 15.000


COMMENT


DAMN! I Love Indonesia "BANGUN INDONESIA" bekerjasama dengan Habitat for Humanity ❮ Prev Article
Terlalu Tampan, Webtoon Indonesia yang Mendunia, Bakal Jadi Film! Next Article ❯
RELATED POST