12 Tradisi Perayaan Hari Imlek

01 Feb 2019

 

Ini adalah bentuk dari menyebarkan rejeki dan keberuntungan


tradisi-imlek

Foto oleh Andrew Haimerl


Hai Pop Patriotics! Sebentar lagi Imlek nih! Bagi yang merayakan apa sudah mulai siap-siap ngerayain juga? Sebenarnya, apa aja sih yang biasanya dirayain kalau sebelum dan di hari Imlek sendiri? Ayo kita lihat satu-satu!

Perlu diingat bahwa kebiasaan setiap keluarga mungkin berbeda, jadi yang kami tulis disini cuma sebagai gambaran besar. Kalau ada yang salah mohon maaf ya. Pop Patriotics juga bisa share kebiasaan keluarga kalian, kasih komentar dibawah ini ya!

So, let’s start!

1. Bersihkan debu-debu rumah dan sapu yang bersih


Sebelum perayaan Imlek dimulai, kepercayaannya adalah lebih baik untuk membersihkan rumah agar semua kesialan terhalau dari rumah kamu! Juga dipercayai bahwa lebih baik membersihkan rumah sebelum perayaan Imlek dimulai karena nanti tidak diperbolehkan untuk membuang sampah. 

Kenapa ga boleh buang sampah? Terus baca lanjutannya ya!

2. Masak makanan yang enak


Untuk merayakan Imlek bersama sanak saudara, dianjurkan untuk memasak makanan yang enak karena selain mengundang orang, itu juga akan mengundang rejeki di tahun yang baru. Lagipula, siapa yang gak akan datang kalau makanan di rumah kamu enak-enak?

3. Menyembunyikan Pisau dan Sapu


Pisau dan sapu diharapkan untuk tidak terlihat oleh baik pemilik rumah atau tamu maupun sanak saudara yang datang ke rumah untuk berkunjung. Tujuannya adalah untuk menghalau nasib buruk agar tidak mengikuti di tahun yang baru, karena dipercayai akan mengusir pembawa nasib baik dan keberuntungan.


4. Beli kuaci dan kacang


Kuaci dan kacang sudah dari lama dipercayai membawa rejeki di tahun yang baru. Biasanya juga ditambahkan dengan kue lapis legit yang memang kalau dilihat dari samping bentuknya seperti tangga, agar hidupnya terus mengalami peningkatan!

5. Tidak boleh membuang sampah


Tradisi inilah mengapa diharapkan membersihkan rumah sebelum perayaan Imlek. Karena kalau sampah dibuang, dipercayai akan mengusir keberuntungan yang akan datang menghampiri rumah di tahun yang baru.

6.Kalau ada usaha jangan buka toko selama 3 hari sebelum perayaan Imlek


Bagi yang memiliki usaha, tidak diperbolehkan menjalankan usahanya, apalagi kalau berdagang. Anjurannya adalah untuk membuka toko atau usaha di hari pertama atau hari ke-2 sebentar saja. Kalau ada yang belanja, harus dilayani seperti biasa tapi kemudian toko harus ditutup lagi.

7. Malam Imlek tutup pintu gerbang


Di hari perayaan Imlek, ada beberapa kepercayaan yang berbeda tentang kapan menutup gerbang. Ada beberapa yang bilang kalau gerbang harus ditutup sebelum jam 12 malam, ada juga yang percaya bahwa ditutupnya harus diatas jam 1 pagi. Alasannya untuk mengundang leluhur yang membawa nasib baik.

tradisi-imlek

8. Beli bunga wangi wangi untuk ditaruh di dalam rumah.


Tujuannya untuk mengundang Cai Shen. Dia adalah dewa rezeki yang akan masuk ke rumah dan memberikan rezeki saat jam 12.00 malam. Bagi yang merayakan hari Imlek harus mendoakan semua yang mereka harapkan dan meminta agar diikuti oleh kesuksesan.

9. Di hari pertama Imlek harus memakai baju baru.


Hal ini dilakukan untuk menandakan bahwa tahun yang lama sudah berlalu dan tahun yang baru sudah datang. Ini juga sebuah pertanda bahwa kita menanggalkan keburukan dan kesialan di tahun yang lama serta memakai rejeki dan kesuksesan yang baru.

10. Tidak boleh berkata kotor atau mengatakan pernyataan negatif (seperti tidak mampu atau yang berbau kemiskinan) selama seminggu sebelum perayaan Imlek.


Dipercayai kalau kata-kata negatif tersebut akan mengundang hal-hal yang negatif pula. Sebenarnya hal ini baiknya juga dilakukan terus sepanjang tahun. Namanya juga law of attraction kan?

11. Berkumpul dengan keluarga besar untuk merayakan hari Imlek.


Selain mempererat tali silaturahmi, berkumpul di hari Imlek juga mengundang keberuntungan untuk selalu mengikuti kita. Ide utamanya adalah semakin erat hubungan kita dengan sanak saudara dan keluarga, semakin kuat pula persatuan keluarga tersebut.


tradisi-imlek
Foto oleh coins.ph

12. Berbagi angpao


Ini yang kelihatannya paling menarik. Biasanya setelah melakukan salam dengan tangan mengepal, kamu akan diberikan angpao apabila kamu belum menikah atau belum matang secara ekonomi. Hal ini adalah bentuk dari menyebarkan rejeki dan keberuntungan kepada saudara-saudara kita.

Bagaimana dengan kalian yang merayakan? Bagaimana kalian merayakan hari Imlek di tanggal 5 Februari nanti? Cerita juga dong di kolom komentar dibawah atau kirim Direct Message ke instagram kami di @_damniloveindo ! 

Jangan lupa untuk yang bingung dan belum beli baju baru untuk Imlek, bisa nih cek-cek koleksi produk kita disini!
SHARE & COMMENT