streatwear indonesia

Damn! I Love Indonesia #IkutGerak Mewujudkan Indonesia #BebasSampah2020

22 Feb 2016

 

Car Free Day minggu lalu bisa dibilang bukan event Car Free Day biasa. Soalnya, minggu lalu (21/02) menjadi moment dimana dicanangkannya Indonesia bebas sampah 2020! Ada 1.014 komunitas yang tergabung pada event kemarin dan melibatkan 155 kota/kabupaten di 34 provinsi. Acara ini didukung sepenuhnya oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dan Dinas Kebersihan.

Nah, untuk Jakarta sendiri  aktivitas pungut sampah ini dilakukan di beberapa titik dan berakhir di Bundaran HI. Damn! I Love Indonesia juga ikut berperan serta di acara ini. Kurang lebih ada 40 peserta dari Damn! I Love Indonesia, baik itu karyawan—termasuk founder kita Daniel Mananta, loyal customer, Pop Patriotics dan rekanan yang bersemangat membersihkan Jakarta saat itu.

Damn! I Love Indonesia dapat start dari Pasar Benhil. Wuih, kolaborasi dan semangat peserta ataupun komunitas yang lain benar-benar bisa D! rasakan kemarin lho! Kita mulai dari jam 6 pagi dan berakhir jam 10 pagi. Dan, waktu nggak berasa banget berlalu, eh tahu-tahunya kita udah sampai aja di titik akhir.“ Selama ini Damn! I Love Indonesia selalu mencari aktivitas yang memang sesuai dengan DNA kita yaitu memajukan Indonesia dan salah satunya juga lewat lingkungan hidup,” kata Daniel Mananta menjelaskan keterlibatan Damn! I Love Indonesia di event ini.


Daniel juga menambahkan sebenarnya kita nggak boleh terus-menerus menyalahkan pemerintah tentang masalah sampah, semua harus dimulai dari diri sendiri. Kalau maunya menunggu pemerintah aja, persoalan sampah nggak akan selesai-selesai. “Kalau menurut saya sih, permasalahan sampah ini karena kita terbiasa melihat lingkungan kotor dan membiarkan lingkungan yang kotor tersebut karena sudah terbiasa. Coba bandingkan dengan sikap kita ketika berada di luar negeri yang memang nggak ada sampahnya, pasti nggak mau juga kan buang sampah sembarangan. Jadi, menurut saya ini karena kebiasaan dan lingkungan,” tambah Daniel.



Fyi, penetapan 21 Februari untuk event ini sebagai pengingat 11 tahun lalu longsornya gunungan sampah di TPA Leuwigajah, Cilimus yang menewaskan 100 korban. Sehingga dicanangkanlah 21 Februari sebagai Hari Peduli Sampah Nasional. So, Guys, stop buang sampah dan terus jaga kebersihan lingkungan kita ya. Kalau bukan kita, siapa lagi, Pop Patriotics?


SHARE & COMMENT