Hari Bahasa Ibu Tiba Besok! Berikut 7 Fakta Menarik Tentang Bahasa di Indonesia!

20 Feb 2019

 

hari-bahasa-ibu


Pop Patriotics disini tau nggak kalau UNESCO, bagian dari PBB yang berhubungan dengan budaya dan pendidikan, menetapkan bahwa setiap tanggal 21 Februari akan menjadi Hari Bahasa Ibu? Jadi ceritanya, Hari Bahasa Ibu ini adalah hari kita merayakan dan memperingati bahwa perbedaan bahasa merupakan bagian penting dari pembangunan berkelanjutan. Berikut 7 fakta menarik yang perlu kamu ketahui tentang Bahasa di Indonesia!

1. Bahasa Ibu orang Indonesia mungkin salah satu dari 748 bahasa lain di Indonesia


Bahasa Indonesia memang dipahami dan dijadikan sebagai bahasa utama di Indonesia. Lebih dari itu, Bahasa Indonesia dimengerti oleh lebih dari 90% warga Indonesia. Tetapi kemungkinan besar bahasa ibu mereka bukanlah Bahasa Indonesia sendiri. 


2. Mengalami lima kali pengubahan ejaan


Yang baca artikel hari Senin kemarin pasti pada tahu deh kalau ejaan Bahasa Indonesia pertama kali dibuat baku oleh Van Ophuijsen. Tapi sebelum kita memakai ejaan yang kita pakai sekarang, Bahasa Indonesia mengalami lima kali penyempurnaan, setelah ejaan van Ophuijsen, ada Ejaan Republik pada tahun 1947, Ejaan Pembaruan pada tahun 1957, Ejaan Melindo di tahun 1959, Ejaan Yang Disempurnakan (EYD) di tahun 1972, dan terakhir di tahun 2015 dengan Ejaan Bahasa Indonesia (EBI)


3. Angka berhuruf depan sama kalau dijumlahkan pasti jumlahnya sepuluh


Ini satu hal yang bikin kami di Damn! I Love Indonesia tercengang juga! Jadi gini, setiap angka yang bukan bilangan yang huruf awalnya sama jika dijumlah pasti hasilnya sepuluh.


Contohnya: 

Tiga ditambah Tujuh 

Enam ditambah Empat


Dua-duanya hasilnya sepuluh!


hari-bahasa-ibu

4. Bahasa Indonesia bisa didengar di luar angkasa!


Piringan Emas Voyager adalah sebuah rekaman yang diluncurkan ke luar angkasa di tahun 1977 di dalam pesawat luar angkasa tanpa awak. Di dalam fonograf itu ada serangkaian gambar dan suara-suara. Termasuk di dalamnya adalah satu salam dalam Bahasa Indonesia!

5. Nama “Bahasa Indonesia” muncul di tahun 1928


Penamaannya sebagai Bahasa Indonesia sendiri muncul di Sumpah Pemuda. Hal ini dilakukan untuk menghindari imperialisme bahasa yang muncul jika digunakan nama “Bahasa Melayu”. Bahasa kan adalah identitas suatu kelompok.

6. Bahasa Jawa merupakan bahasa terbanyak yang dipakai di Indonesia


Sing teko jowo, endi suarane? Dari 748 bahasa di Indonesia, Bahasa Jawa merupakan bahasa yang paling banyak penuturnya di Indonesia. Seperti Bahasa Sunda atau Bahasa Betawi juga termasuk dalam kategori Bahasa Jawa, loh! 

7. Bahasa Indonesia memiliki lebih dari 7.500 kata serapan dari bahasa lain


Lebih dari 3000 kata serapan tersebut berasal dari Belanda, seperti pulpen (di Belanda disebut vulpen) atau balkon (di Belanda disebut balkon. Oke, jujur saja ejaannya sama persis memang. Ikut ketawa aja lah.)

hari-bahasa-ibu

Gimana, bisa nggak kalian besok, di tanggal 21 Februari, Hari Bahasa Ibu sehari penuh berbahasa Bahasa Ibu kalian? Kalau si penulis sendiri asalnya dari Jawa Timur jadi harus berbahasa Jawa. Bagaimana dengan kalian? Apa Bahasa Ibu kalian? Coba kirim DM melalui Instagram di @_damniloveindo !
SHARE & COMMENT