streatwear indonesia

Bukber di rumah? Yuk simak 3 tips ini agar gak kerepotan

09 May 2019

 


Hai Pop Patriotics, gimana puasanya? Semoga selalu dalam keadaan sehat dan ibadah puasanya selalu lancar ya.
Mendekati pekan ketiga puasa, gimana nih gengs? Pastinya udah banyak banget dong undangan bukber bareng temen-temen. Karena selain beribadah, bulan Ramadhan biasanya  memang dimanfaatkan untuk momen merajut tali silaturahmi nih. Tapi, ada satu problematika yang biasanya sering muncul setiap mau bukber ya kan?

Tempat. Iya, masalah tempat berbuka puasa yang kerap kali penuh dan susah untuk dapat booking tempat sering banget jadi penghambat acara bukber. Eits, tapi jangan khawatir, meskipun bukber di luar susah, kalian bisa banget lho bikin acara bukber di rumah.

Nah, supaya acara bukber di rumah berjalan dengan lancar, baiknya kamu perhatikan hal-hal berikut ini nih:


1. Lokasi / Tempat


Namanya mau bukber di rumah, pastinya harus bikin rumahmu senyaman mungkin bagi para  tamu yang datang kan. Apalagi, kalau rumahmu padat, jangan lupa dipindahkan barang-barang besar yang bisa membuat rumahmu terasa lapang, dengan begitu tamu-tamu yang datang pasti akan merasa nyaman.

Untuk menambah suasana akrab dan menghindari kepadatan ruangan, lebih baik juga kamu menggunakan karpet untuk konsep duduk lesehan, supaya suasananya semakin terasa intimate dan hemat tempat juga.

Selain ruangan yang harus nyaman, jangan lupa juga siapkan tempat sholat, apalagi kalau rumahmu lokasinya agak jauh dari masjid. Jangan sampai karena keasikan bukber dan ngobrol-ngobrol malah lupa ibadah.

Dan terakhir, mengenai lokasi rumahmu, jangan lupa juga persiapkan dimana kendaraan tamu-tamu yang hadir untuk parkir. Terutama kalau misalkan kendaraan-kendaraannya akan mengganggu tetangga sekitar, kalian sebisa mungkin harus izin dengan tetangga atau mencari alternatif lapangan atau jalan yang memungkinkan untuk menjadi tempat parkir.


2. Perlengkapan Makan dan Minum yang eco-friendly


Jadi tuan rumah bukber pasti sudah kepikiran tentang gimana repotnya beres-beres begitu acara sudah selesai. Ngebayangin tumpukan alat masak, piring dan gelas kotor, dan rumah yang super duper berantakan.

Tapi tenang guys, ada siasatnya untuk memudahkan pekerjaan rumahmu. Kamu bisa siapkan piring kayu yang kemudian diletakkan daun pisang, dan gelas kertas. Selain bisa sekali buang dan tidak membuatmu harus cuci piring banyak-banyak, alat-alat makan tersebut masih sangat ramah lingkungan. Sebisa mungkin kita mengurangi sampah plastik, apalagi kalau yang datang banyak.


3. Makanan

Setelah lokasi atau tempat, dan perlengkapan makan, tentu aja makanannya yang paling penting dong. Setelah berpuasa seharian, tentu aja paling nikmat kalau menyantap hidangan berbuka puasa bersama-sama dong.

Nah, supaya kamu nggak kerepotan untuk masak sendirian pas jadi tuan rumah, pake teknik potluck deh. Teknik potluck adalah tamu-tamu yang datang membawa lauk pauk atau hidangan masing-masing yang berbeda-beda, sehingga ketika dikumpulkan menjadi hidangan besar yang dapat dinikmati bersama-sama.

Dengan begini sebagai tuan rumah kamu nggak akan terlalu kerepotan, karena sudah menyiapkan tempat dan perlengkapan makan. Dengan begini kebersamaannya tentu semakin terasa dong.

Jadi gengs kalau kalian bingung bukber di luar karena selalu full booked, kalian bisa banget nih menerapkan tiga poin penting diatas jika ingin bikin acara bukber di rumah. Yang penting esensi bukbernya terasa.

Selamat berbuka puasa


#DAMNILoveIndonesia #Ramadhan #ThreadingTogetherness #tips

SHARE & COMMENT