damniloveindonesia
damniloveindonesia
5 Pembelajaran dari Kasus Sonya Depari "Kutandai Ibu Ya!"
08 Apr 2016
Posted By Damn! I Love Indonesia (Ester Pandiangan)
 

Beberapa hari belakangan ini media sosial diwarnai dengan hashtag #kutandaiibuya, #sonyadepari, #armandepari dan meme-meme lain tentang siswi salah satu SMA di Medan yang berbalik memarahi seorang polwan saat ditilang karena membuka kap belakang mobilnya ketika konvoi merayakan selesainya UN. 

Cerita Sonya Depari yang mengaku anak Kepala Deputi Bidang Pemberantasan BNN Irjend Arman Depari yang membuat dia merasa pantas untuk “kebal hukum” menjadi bulan-bulanan di media sosial. Tapi ending sedihnya sih, ayah kandung Sonya Depari yang “asli” meninggal dunia terkena stroke karena pemberitaan media tentang anaknya. D! turut berduka cita…

Satu lagi peristiwa menyedihkan terjadi karena aksi bully di media sosial. Well, melihat ini seharusnya kita sadar Pop Patriotics, untuk lebih cerdas menggunakan medsos bukan malah menjadikan medos sebagai “kompor” memanaskan situasi. D! merangkum 5 pembelajaran yang wajib kita renungkan dari kasus ini: 

image: i.ytimg.com


1. Stop Bully di Medsos

D! sangat nggak setuju untuk tindakan bully mem-bully di medsos! Tapi yang terjadi, akses media sosial yang cepat serta kebebasan berpendapat seringnya membuat orang kebablasan dan memberikan atau menambah-nambahi komentar yang nggak perlu. Jadinya, obrolan yang ada di medsos menanggapi kasus tertentu lebih cenderung ke arah negatif. Oke, mungkin si orang yang di-bully tersebut memang salah tapi apa kita nggak memikirkan efek kelanjutan dari komentar-komentar sinis tentang perilakunya? Bisa-bisa kelakuannya semakin buruk belum lagi dampak ke keluarganya. Seperti yang dialami Sonya Depari.

image: http://www.edudemic.com/


2. Euforia Meme yang Berlebihan

Meme memang lucu, kocak, menghibur dan kreatif malah. D! mengakuinya kok. Tapi kita pernah mikir nggak sih apa yang dirasakan oleh orang-orang yang meme-nya kita buat. Kalau Pop Patriotics masih ingat serial Prison Break dan aktor yang memerankannya. Pernah dengar nggak kalau Wentworth Miller nyaris bunuh diri karena meme ini:

image: http://cdn0-a.production.liputan6.static6.com/


Siapa yang tahu kalau aktor yang keren banget saat memerankan Michael Scofield ini ternyata sedang berada di ambang depresi sehingga berat badannya meningkat. Dan melihat meme ini membuat dia tambah stres. So, think twice before you do something you may think funny, Guys! Kita nggak pernah tahu apa yang sedang dilewati seseorang untuk mencapai dirinya yang sekarang ini.


3. Yuk, Bangun Medsos yang Sehat

Caranya? Ya, jangan penuh-penuhin timeline berita yang sedang hits dengan komentar-komentar negatif.  Kita bisa membantu mengurangi euforia negatif tersebut dengan memberikan komentar postitif dan mengajak orang-orang lain untuk stop memberikan respon yang memperpanas situasi. Setuju nggak, Guys?

image: http://1.bp.blogspot.com/


4. Jangan Belagu

Anak pejabat, anak menteri atau anak presiden sekalipun, semua itu nggak ada artinya kalau kelakuanmu minus! Jangan pernah bawa-bawa jabatan, kekayaan materiil untuk membenarkan perbuatan kita yang salah. Udah bukan zamannya lagi orang bisa kebal hukum hanya karena dia anak si A atau dia punya galaksi bima sakti ini, misalnya. Apalagi kalau hanya mendompleng orang lain  dan bukan suatu prestasi yang kita lakukan sendiri.

image: mylitleusagi.files.wordpress.com


5. Kita Semua Manusia Biasa yang Bisa Khilaf

Superman aja punya kelemahan, kita manusia pernah khilaf dan itu wajar. Jangan menjadikan kekhilafan orang lain sebagai ajang untuk mem-bully. Maafkan, stay positive. Pada akhirnya semua kesempurnaan hanya milik Tuhan. Jangan membesar-besarkan peristiwa yang seharusnya bisa diselesaikan dengan sederhana. Apalagi yang melakukannya anak ABG yang sedang mencari jati diri. Yuk, sama-sama kita bangun citra anak muda Indonesia yang positif! Are you join with us, Guys?


image: http://nisrina.co.id/



COMMENT
Anonymous - Sat, 09 Apr 2016 Wentworth miller mmg pernah suicidal tp bukan karna meme itu. Meme itu keluar belum lama ini, dan dia sangat menyayangkan orang2 yg membuat meme tersebut karena mereka tidak tahu kisah dibalik foto dia yg gendut itu.

Anonymous - Sat, 09 Apr 2016 Totally agree

Anonymous - Fri, 08 Apr 2016 Yupz setuju banget....

Anonymous - Fri, 08 Apr 2016 Mungkin Kata2 Mutiara yg bisa saya share melihat Kasus Si Ponakan Armin Depari di Bully Netizen adalah : Bagi yang merasa tidak berdosa, silahkan Lempar Batu Ke arah Adek itu.



Angkutan Konvensional dan Online, Baikan Dong! ❮ Prev Article
Geopark "Kelas Dunia" Ini Ada di Indonesia Lho! Next Article ❯
RELATED POST
SHOP THE PRODUCTS
Tee X Garuda Misty Male
IDR IDR 265.000
Tee Sign Black HD Gold Fe...
IDR IDR 220.000
Jacket 45 Revolution Mist...
IDR IDR 399.000
Tee Sign Red HD Black Fem...
IDR IDR 220.000