damniloveindonesia
damniloveindonesia
Geopark "Kelas Dunia" Ini Ada di Indonesia Lho!
14 Apr 2016
Posted By Damn! I Love Indonesia (Ester Pandiangan)
 

Percaya nggak kalau Indonesia menyimpan situs kebudayaan dunia yang luar biasa? Ledakan Danau Toba yang terjadi 74.000 tahun lalu yang menyebabkan perubahan iklim dunia dan situs Gunung Padang (Cianjur) yang diperkirakan sudah ada sejak 5.200 SM—bahkan sebelum piramid Mesir, menjadi bukti kalau Indonesia bisa disebut sebagai salah satu  pusat peradaban dunia Pop Patriotics! 

Nah, ngomongin soal geopark atau taman bumi, Indonesia juga memiliki geopark kelas dunia lho. Fyi, geopark dunia adalah kawasan konservasi yang memiliki nilai pengetahuan ke generasi selanjutnya. Jadi tempat-tempat yang mendapatkan gelar Global Geoparks memiliki nilai ekologi dan warisan budaya yang tinggi sehingga layak menjadi daerah konservasi dan edukasi dunia. Cekidot, Guys...

1. Geopark Gunung Batur

Gunung Batur adalah geopark dunia pertama di Indonesia. Pengakuan oleh UNESCO ini diresmikan pada September 2012. Kondisi geografi yang unik dari kawasan Gunung Batur dengan keindahan geologi, kawah, kaldera dan Danau Baturnya membuat area ini ditetapkan sebagai Global Geopark. 


image: odiliagracillia.files.wordpress.com


Nggak hanya itu aja Guys, dari sisi kebudayaan juga mendukung banget. Salah satunya adalah pemakaman unik yang dilakoni penduduk Desa Trunyan, Kintamani. Dimana mayat nggak dikubur selayaknya cara umum tapi dibiarkan begitu saja tapi nggak bau lho! Btw¸trekking di Gunung Batur juga andalan. Durasinya nggak begitu lama sekira 3-5 jam kita udah mendapatkan pemandangan yang indah. Informasinya lagi nih, sejak tahun 1804 – 2000 Gunung Batur udah meletus 26 kali.
image: abhiramatourdibali.com

2. Gunung Sewu
Tiga tahun setelahnya pada bulan yang sama Gunung Sewu ditetapkan menjadi menjadi Global Geoparks Networks. Gunung Sewu menyimpan kekayaan geologi dengan panjang karst sampai 85 Km, membentang dari wilayah Pacitan, Wonogiri sampa Gunung Kidul. Ada tujuh situs geologi yang menarik banget untuk dikunjungi. Gua Tembus, Gua Sodong, Gua Mrico, Gua Potro Bunder, Luweng Sapen, Lembah Bengawan Solo Purba dan Pantai Sembukan. Tertarik untuk mengeksplornya, Pop Patriotics?

image: http://4.bp.blogspot.com/

3. Ciletuh Sukabumi 
Rencananya kawasan wisata alam batuan tua Ciletuh Sukabumi, Jawa Barat bakal menjadi Geopark dunia di 2017 mendatang. Kawasan ini memang punya taman geologi jempolan dengan pemandangan batu-batuan tua yang telah mengalami pelapukan jutaan tahun lalu. Curug Sodong, Pantai Palangpang, Curug Cimarinjung dan Puncak Darma adalah beberapa tempat yang tepat untuk menyaksikan keindahan alam Ciletuh Sukabumi.

image: http://liburmulu.com/

4. Dieng
Selain Ciletuh, Sukabumi satu lagi nih yang digadang-gadang bakal jadi geopark dunia lagi yaitu Dieng! Memang sih masih dalam tahap rencana tapi bukannya nggak mungkin bakal jadi kenyataan, Guys? Apalagi memang potensi wisata di Dieng, sebagai dataran tinggi tertinggi ke dua di dunia setelah Nepal memang luar biasa. Mulai dari budayanya; festival anak gimbal yang hits, kulinernya di seputaran Wonosobo, komplek Candi Arjunanya dan lain-lain.

image: muhakmal.files.wordpress.com

Indonesia kita memang luar biasa!! Setuju Pop Patriotics?


COMMENT


5 Pembelajaran dari Kasus Sonya Depari "Kutandai Ibu Ya!" ❮ Prev Article
Lebih Kenal Indonesia Lewat Dua Pameran Ini! Next Article ❯
RELATED POST
SHOP THE PRODUCTS
Tee Warp Text Navy Male
IDR IDR 250.000
Damn! Signature Japan Red...
IDR IDR 230.000
Turtle Neck Red HD Black ...
IDR IDR 349.000
Tee Signature Patch Garud...
IDR IDR 220.000