Apakah Kamu "Kerumunan Terakhir"?

08 May 2016

 

Kamu merasa nggak, Guys penggunaan teknologi sekarang ini nggak ada bedanya dengan bernapas. Sampai-sampai susah untuk membedakan antara dunia nyata dan dunia maya yang sehari-hari dijalani! Ini semua saking asyiknya berselancar di media sosial. Ada lho orang-orang yang kebahagiaannya tergantung dengan seberapa jumlah like di Facebook,  jumlah follower dan seberapa eksis dia di dunia maya.

http://3.bp.blogspot.com

Well, buku keren berjudul Kerumunan Terakhir yang ditulis oleh Okky Madasari bercerita tentang hal-hal yang D! uraikan tadi. Buku ini diluncurkan kemarin, Sabtu (07/05) di Taman Ismail Marzuki, serangkaian dengan acara Asean Literary Festival 2016. Tokoh utama di buku ini lahir dari keluarga broken home dengan ayah mata keranjang, hobinya main perempuan sana-sini. Di tengah pergulatan hidupnya yang serba setengah-setengah, dia  menemukan tempat pelarian lewat media sosial. Nggak disangka lewat akun-akun media sosial yang dimilikinya dia membangun sosok baru dan sukses menjadi seleb Facebook. Semakin hari si tokoh utama semakin larut akan dunia maya yang dia bangun dan lama-lama gamang akan dunia nyata yang sebenarnya ada. Sampai suatu hari, dunia nyata dan dunia maya yang dia bangun saling bertabrakan….

image: pbs.twimg.com

Menurut D! buku ini bagus banget untuk dibaca Pop Patriotics. Apalagi Indonesia termasuk negara pengguna media sosial yang aktif banget. Orang-orang pada keranjingan dengan internet, media sosial dan hampir melupakan kalau kehidupan yang sebenarnya bukan di sepetak laptop ataupun smart phone yang kita pegang. Kita begitu terpukau dengan orang-orang sering disebut sebagai seleb di media sosial yang follower-nya jutaan, yang kalau dia berkomentar seolah tuhan yang bersabda tapi kita nggak tahu ‘kan siapa sosok real-nya dia? Buku ini membuka mata kita, seindah-indahnya dunia maya, lebih indah lagi dunia nyata dimana kita bisa benar-benar berinteraksi satu sama lain. So, MUST READ, Guys!

 image: assets.jalantikus.com

SHARE & COMMENT