Indonesia Menjadi Seperti Sekarang Karena Peristiwa Ini...

12 May 2016

 

Bangsa yang besar adalah bangsa yang tidak melupakan sejarahnya. Itu yang dikatakan bapak proklamasi kita, Soekarno. Beliau juga pernah bilang tentang perjuangan yang kita hadapi sekarang lebih sulit ketimbang perjuangan yang dihadapinya karena perjuangan yang kita hadapi sekarang adalah perjuangan melawan bangsa sendiri.

Dua hal yang dikatakan Soekarno ini memang futuristik dan sesuai banget dengan kondisi yang kita hadapi sekarang, Guys! Bukannya mau ngomongin yang berat-berat nih, tapi memang fakta lho. Actually, ada banyak hal yang terjadi di Indonesia, dimana sesama anak bangsa saling menyakiti. Mulai dari korupsi yang nggak selesai-selesai, sampai ke pemerkosaan yang akhir-akhir ini semakin marak terjadi dan yang paling menggemparkan adalah kasus Yuyun, anak SMP di Bengkulu yang diperkosa 14 orang!! Kalau kita kilas balik lagi dengan apa yang dikatakan Soekarno sebelumnya, benar-benar sangat relevan kan dengan kondisi kita yang sekarang...

image: http://beritadaerah.co.id/

Anyway…kalau Pop Patriotics lihat di timeline sosmed kamu, ada trending topic dengan #12Mei1998. Buat Pop Patriotics yang masih unyu-unyu ketika tahun 1998 dulu, bisa jadi belum punya ingatan jelas tentang apa yang terjadi. So, apa yang mesti kita tahu tentang peristiwa 1998?

1. Era Reformasi Lho…

Tahun 1998 diingat sebagai era perubahan buat zaman kita dimana reformasi terjadi. Akhirnya, setelah 32 tahun rezim orde baru runtuh juga. Dengan berakhirnya orde baru kita mendapat kebebasan berekspresi dan nggak perlu takut lagi mengeluarkan pendapat—yah walaupun seringnya kebablasan juga hehehe…



image: http://www.donisetyawan.com/


2. Trisakti Kampus Reformasi

Kampus Trisakti menjadi salah satu titik pergerakan reformasi. Bahkan pada 12 Mei 1998, 4 orang mahasiswa Trisakti gugur saat demonstrasi terjadi. Peristiwa historikal 1998 yang banyak terjadi di Kampus Trisakti membuat Trisakti sebagai salah satu lokasi bersejarah dan patut untuk dikenang. Untuk menghormati dan mengenang masa-masa perjuangan tersebut Halte Trans Jakarta di lokasi tersebut dinamai Grogol 12 Mei Reformasi. So, setiap kali kamu menginjakkan kaki di sini itu artinya kamu sedang berdiri di salah satu tempat dimana tonggak reformasi ditegakkan.

image: http://cdn.tmpo.co/


3. Pengorbanan yang Besar

Tapi kebebasan yang akhirnya kita raih ini harus dihargai dengan pengorbanan besar! 12 Mei 1998 – 15 Mei 1998 menjadi hari-hari yang luar biasaa mencekam buat kita, terutama di kota-kota besar seperti Jakarta, Medan dan Surakarta. Kerusuhan dan penjarahan besar-besaran, pemerkosaan etnis Tionghoa yang menyebabkan jatuhnya banyak korban :(.

image: http://1.bp.blogspot.com/

Buat bangsa Indonesia, Mei identik dengan reformasi dan perjuangan. Semoga Indonesia ke depannya menjadi lebih baik lagi ya, Guys! Dan buat kita semua Pop Patriotics, jangan mau diadu domba deh. Politik devide et impera itu udah old school banget. Bukan zamannya lagi memecah-belah, sekarang zamannya bersatu untuk Indonesia yang lebih baik!

SHARE & COMMENT