streatwear indonesia

"Modal" Korek Api, Anak Muda Indonesia Memenangkan Cannes Film Festival 2016!

03 Jun 2016

 

Sineas Indonesia memenangkan penghargaan bergengsi Cannes Film festival 2016 kemarin lho! Terinspirasi dari  fenomena “ciblek” di Jogjakarta, Wregas Bhanuteja membikin film dengan judul Prenjak / In The Year of Monkey. Ciblek bisa diartikan dua hal; burung kecil atau juga singkatan dari cilik-cilik betah melek. Jadi di tahun 1990-an di Alun-alun Kidul ada banyak anak-anak ABG yang selain berjualan wedang ronde juga menawarkan jasa mengintip “isi” roknya dengan korek api. Melihat aja nggak boleh disentuh.

Mengambil fenomena tersebut, film Wregas berkisah tentang Diah (Rosa Winenggar) yang sedang membutuhkan uang banget..banget. So, dia nawarin temannya Jarwo (Yohanes Budyambara) untuk “mengintip” roknya dengan durasi satu batang korek api dan dihargai Rp 10.000 per batangnya. Uniknya di pertengahan cerita, Diah balik “mengintip” isi celana Jarwo!

image: mg.thejakartapost.com


Cerita pun terus bergulir sampai di ending, ternyata Diah melakukan itu untuk membayar tunggakan listrik kontrakannya yang diputus! Tema cerita yang sederhana dan diambil dari fenomena “ciblek” ini dibingkai dengan pengambilan gambar yang unik. Salah satu setting utamanya, Diah dan Jarwo duduk berhadap-hadapan di meja bertaplak panjang. Dan keduanya bergantian masuk ke kolong meja untuk melihat milik masing-masing dengan korek api. Meski hanya dikemas selama 12 menit, esensi cerita ini benar-benar kuat. Sampai sebegitunya cara orang bertahan hidup? Dan begitu variatifnyakah kebutuhan libido manusia?

Film Prenjak / In The Year of Monkey akhirnya diputar lagi di Auditorium IFI Jakarta, Kamis (02/06) kemarin dan mendapatkan sambutan luar biasa dari penonton yang antre gila-gilaan untuk menontonnya. Selain Prenjak / In The Year of Monkey ada empat film Wregas lain yang diputar; SenyawaLembusuraLemantun dan The Floating Chopin. Rencananya sih film-film Wregas bakal diputar lagi. Pantengin terus twitternya @Wregas supaya kamu nggak ketinggalan informasi pemutaran selanjutnya. Kapan lagi, Guys bisa menikmati karya film anak negeri yang memenangkan penghargaan sekelas Cannes Film Festival!

image: http://cdn.klimg.com/

SHARE & COMMENT