streatwear indonesia

Hiii... Setan Jawa Bakal Ada di Australia!

26 Aug 2016

 

Pada bulan Februari 2017 yang akan datang, para penonton di Opening Night of Asia Pacific Triennial of Performing Arts di Melbourne, Australia akan disuguhkan sebuah film bisu berjudul Setan Jawa, garapan sineas asal Yogyakarta, Garin Nugroho. Film yang menginterpretasikan lagi suasana era tahun 1920-an itu akan dibarengi dengan penampilan gamelan dan orkestra.

image: www.bernyanyi.com

Setan Jawa mengkisahkan tentang cinta dan tragedi kemanusiaan yang terjadi pada awal abad ke-20. Ada Setio, yang diperankan oleh Heru Purwanto yang jatuh cinta pada Asih, seorang putri bangsawan Jawa yang diperankan oleh Asmara Abigail. Keduanya saling cinta namun hubungan mereka tidak direstui karena Setio adalah orang yang miskin.

Nggak sampai disitu aja, demi memperjuangkan cintanya, Setio meminta bantuan kepada iblis lewat ritual Pesugihan Kandang Bubrah. Tujuannya agar dirinya cepat kaya sehingga bisa segera melamar Asih. Tapiiii ada syaratnya. Apabila Setio meninggal, dia akan menjadi tiang penyangga rumah. Nah, Asih yang mengetahui keterlibatan Setio dengan pesugihan tersebut pun tidak tega apabila Setio nantinya akan menjadi tiang penyangga. Asih kemudian menemui Setan Jawa yang diperankan oleh Luluk Ari untuk meminta pengampunan atas ritual yang dilakukan Setio.

Tapi, ternyata Setan Jawa ikutan terpikat oleh kecantikan Asih. Setan Jawa bersedia mengampuni Setio asalkan Asih mau memberikan tubuhnya pada dirinya. Waduh! Penasaran akan kelanjutan kisahnya? Garin Nugroho mengungkapkan bahwa film berkisah cinta dengan elemen pesugihan masih sedikit jumlahnya. Makanya, Garin berusaha mengangkat sisi seni dari sebuah realitas magis yang kental yang terdapat dalam budaya Jawa. So, Pop Patriotics tertarik menonton? Tenang...nggak perlu ke Melbourne untuk menonton film ini. Sebelum "diterbangkan" ke Australia, film Setan Jawa akan ditampilkan di Gedung Teater Jakarta pada 3-4 September 2016 mendatang, yang juga akan diiringi permainan gamelan.

image: http://img.jakpost.net
SHARE & COMMENT