Ayo Ramaikan Festival Payung di Solo!

21 Sep 2016

 

Wah... Festival Payung Indonesia kembali digelar. Acara tahunan ini merupakan agenda yang didukung sama Kementerian Pariwisata dan bakal diadain di Taman Balekambang, Jalan Balekambang No. 1, Banjarsari, Solo, Jawa Tengah tanggal 23-25 September mendatang. Kenapa di Taman Balekambang, Solo? Karena taman ini emang punya nilai historis buat warga Kota Bengawan. 

image: www.eventsolo.com

Festival ini nggak cuma ketemuin pelaku industri kreatif kreasi payung, tapi juga penggiat pelaku seni karnaval dan tentunya masyarakat buat ngelestariin seni kerajinan payung Indonesia. Pasti menarik wisatawan lokal maupun mancanegara juga, nih! Inti acara dari festival ini adalah adanya Pasar Payung dan Karnaval Payung, Solo Dance Festival, Fashion Show Payung, Pameran dan Lomba Foto, Workshop dan Melukis Payung, Sarasehan dan Refleksi, serta Workshop World Culture Forum. Daaan... Di Festival Payung 2016 ini juga bakal nampilin seni kerajinan payung lintas negara lho!

image: www.bisniswisata.co.id

Sejumlah kerajinan payung bakal ditampilin, antara lain Juwiring dan Klaten. Uniknya, di event kali ini panitia nyoba eksplorasi lebih sajian kerajinan dengan nampilin batik yang ada di seluruh nusantara. Kemenpar sendiri emang terus-terusan ngenalin destinasi pariwisata Indonesia dalam berbagai skema. Khususnya dalam hal nyiptain objek atraksi baru Bali and Beyond. Nah, Solo yang masuk ke dalam wilayah Joglosemar (Jogjakarta-Solo-Semarang) emang pengen dikembangin jadi ‘Bali Baru’.

image: www.kalibagor.desa.id

Dikutip dari travel.detik.com, Raseno Arya, Asisten Deputi Pengembangan Segmen Pasar Personal Kementerian Pariwisata mengatakan, wisatawan jangan cuma ke Bali aja. Joglosemar juga termasuk daerah yang di-branding dalam pemasaran pariwisata internasional sama Kemenpar. Ketiga daerah ini dinilai punya potensi di bidang budaya, belanja dan kuliner yang ngebantu ngedongrak kunjungan wisatawan asing.

image: http://images.detik.com/

“Semoga wisatawan juga ke Solo setelah mengetahui daerah kita yang lain dan berkembangnya festival kita di daerah termasuk Festival Payung Indonesia. Karena salah satu alasan turis mancanegara datang ke Indonesia adalah melihat wisata alam budaya dan karya manusia. Sesuai portofolio pasar pariwisata sektor wisata alam menyumbang 35% dan buatan manusia 5%,” ujarnya.

Balik lagi ke Festival Payung di Solo nanti. Nggak cuma dari Indonesia, tapi Pop Patriotics juga bisa liat kayak gimana kerajinan payung dari Kamboja, Thailand, Tiongkok, Jepang, dan masih banyak lagi. Tepatnya acara ini bakal dimulai pada tanggal 23-25 September 2016 dari jam 9 pagi sampai jam 9 malam WIB. Buat tiket, nggak perlu cemas. Wisatawan nggak dikenain biaya alias gretong buat menikmati Festival Payung ini.

 

image: https://hidupdangaya.files.wordpress.com

So, tunggu apa lagi? Siap liburan akhir pekan nanti dong? D! sih yes!

SHARE & COMMENT