streatwear indonesia

Menteri Susi Raih Penghargaan Leaders for a Living Planet, Selamat!

21 Sep 2016

 

Sosok Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia, Susi Pudjiastuti dinilai disiplin, tegas, dan nggak main-main ngasih hukuman ke para oknum liar yang suka nyuri ikan di laut Indonesia. Seperti yang kita tau, salah satu terobosan tegas Ibu Susi yang paling ekstrim dan sering diberitain adalah ngeledakkin kapal-kapal nakal pencuri ikan, sesuatu yang sebelumnya jarang banget dilakuin di Indonesia.

image: assets.rappler.com

Banyak yang pro sama kebijakan Ibu Susi soal hal ledak-ledakin kapal ini tapi nggak dikit juga yang nggak setuju. Tapi kenyataannya, tindakan beliau yang tergolong ekstrim ini malah ngedatengin penghargaan dunia, lho! Penghargaan “Leaders for a Living Planet” dari organisasi perlindungan World Wide Fund for Nature atau WWF Internasional ini dikasih langsung sama Presiden WWF Internasional, Yolanda Kakabadse buat Ibu Susi di ajang Our Ocean Conference di Washington DC, beberapa waktu lalu.

image: twitter.com/world_wildlife

Dikutip dari kompas.com, WWF nganggep Indonesia merupakan produsen perikanan tangkap dan budidaya terbesar di dunia. Tapi sayang, praktik pencurian ikan ilegal ini nyebabin negara kita rugi sampai 20 milyar dollar Amerika Serika per tahun. Milyar! Dollar lho! Ckckck... WWF juga menyatakan kalau Menteri Susi berhasil nunjukkin ketegasan dalam menindak praktik perikanan yang nggak sah, nggak diatur, dan nggak dilaporkan (Illegal, Unregulated, and Unreported Fishing/IUUF).

“Ibu Susi Pudjiastuti udah mendedikasikan waktunya selama ini buat memberantas praktik perikanan yang nggak sah, mendorong pengelolaan perikanan berkelanjutan berbasis ilmiah dan memperkuat kesehatan laut dengan memperluas jejaring kawasan konservasi perairan,” – Yolanda Kakabadse, Presiden WWF Internasional.

image: www.ourindonesia.com

Yolanda juga negesin kalau Ibu Susi merupakan tokoh yang berjuang buat melindungi kesehatan laut Indonesia. Wow! Ibu Susi yang tindakannya dianggap kontroversi malah mendapat penghargaan dunia, lho! Hebat! Atas penghargaan ini, WWF berharap agar Ibu Susi terus ngelakuin terobosan baru buat memperbaiki pengelolaan perikanan dengan memperluas kawasan konversi perairan.

Sedikit soal penghargaan ini, penghargaan “Leaders for a Living Planet” ini merupakan penghargaan yang dikasih sama WWF Internasional buat perseorangan yang nunjukkin kontribusinya lewat komitmen dan upaya yang luar biasa dalam menyelamatkan planet bumi dan sumber daya alam buat ngejamin pemanfaatan yang berkelanjutan. Penghargaan ini udah dikasih ke lebih dari 100 individu di seluruh dunia sejak tahun 2000. Beberapa diantaranya adalah mantan Sekretaris Jenderal PBB Kofi Annan, Menteri Perikanan Norwegia, Perdana Menteri Tiongkok, juga Menteri Bidang Pengairan Perancis, Togo, dan Benin. Adapun tokoh dari Indonesia yang pernah mendapatkan penghargaan ini adalah Dr. Emil Salim.

image: assets.kompasiana.com


Selamat sekali lagi ya, Bu Susi! Semoga terus memperhatikan dan menindaklanjuti segala tindakan ilegal yang bisa merusak dan merugikan laut dan perikanan kita.

SHARE & COMMENT