Ini Lho 10 Negara Paling Bahagia di Asia Pasifik, Indonesia Posisi Berapa Ya?

23 Sep 2016

 

Indonesia menempati urutan ke-lima negara paling bahagia di Asia Pasifik. Urutan pertama ditempati oleh Vanuatu, kemudian Vietnam, disusul Bangladesh, Thailand, baru deh Indonesia!

image: https://elleindonesiaadventures.files.wordpress.com

Menurut Happy Planet Index (HPI), Indonesia dapet rangking 16 sebagai negara paling bahagia di dunia, seperti dikutip dari laman news.okezone.com. Prestasi kebahagiaan rakyat Indonesia diukur dari harapan hidup, kesejahteraan, jejak ekologis, dan kesenjangannya. Detilnya menurut HPI, harapan hidup rakyat Indonesia rata-rata 68,5 tahun dan kesejahteraan rakyatnya dapet poin 5,4 dari 10 poin.

image: https://img.okezone.com

Tapi sayang, rekam jejak ekologi dan kesenjangan kita masih tergolong rendah nih, Guys. Menurut data HPI yang dikeluarin New Economics Foundation (NEF), kalo dibandingin sama Jepang yang ada di urutan ke-58, ekologi kita dapet skor 1,6 hektar global per orang. Sementara Jepang skornya lima hektar per orang. Kalau dari segi kesenjangan sosial, Indonesia cuma dapet skor 21 persen, walaupun lebih baik dari Filipina yang skornya 26 persen.

image: jakartagreater.com

Menurut World Wildlife Foundation (WWF), jejak ekologi suatu negara adalah jumlah dari semua lahan pertanian, lahan penggembalaan, hutan dan lahan memancing yang diperluin buat produksi makanan, penyerapan, dan pembuangan limbah pas energi dipakai dan nyediain ruang buat infrastruktur.

Seperti dikutip dari Asian Correspondent beberapa waktu lalu, kebanyakan negara emang ngalamin ketidakbahagiaan kalo diliat dari segi jejak ekologi. Hal ini terutama dialamin oleh negara tetangga kita, Malaysia yang ada di urutan ke-46, Jepang dan Korea Selatan yang berada di urutan ke-80, Australia di urutan ke-105, dan Hong Kong di urutan 123.

Negara dengan jejak ekologi rendah adalah Bangladesh, sehingga bisa dapet HPI tinggi. Tapi kalo dari kesejahteraan, negara pecahan Pakistan ini bisa dibilang buruk, dengan skor 4,7. Secara keseluruhan, NEF mau kasih liat ke dunia kalau negara dengan tingkat pertumbuhan ekonomi dan pendapatan per kapitanya tinggi justru jauh dari kebahagiaan dan kesejahteraan. Begitu lhooo...


Nah Pop Patriotics, what do you thinkBeing happy is a must, being grumpy... Hmm... Definitely no!

image: 3.bp.blogspot.com

SHARE & COMMENT