streatwear indonesia

Ini Trik Biar Gaji Nggak Cepat Habis

26 Sep 2016

 

Yang namanya gajian pasti datengnya setiap bulan. D! doain kerjaan Pop Patriotics lancar biar gaji bisa terus naik naik bagaikan ke puncak gunung. Tapi sebagai kawula muda, apakah masih ngalamin gaji keburu abis nggak sampai 10 hari? Bahkan lima hari? Nahhh.. Bilang “bye” deh sama kebiasaan lama itu. Berikut D! punya trik biar gaji Pop Patriotics bisa “stay” sampai gajian bulan depan.

image: www.centuryrealtime.com

1. Bagi dan Atur Gaji

Seminggu sebelum tanggal gajian, luangin waktu buat bikin dan isi tabel rencana pengeluaran yang Pop Patriotics pinginin di bulan mendatang. Di era modern ini, Pop Patriotics bisa pakai aplikasi keuangan di smartphone atau catet di MS Excel atau bisa di catatan tertulis aja. Sederhana banget kok cara baginya. Bagi gaji buat tiga hal utama dalam hidup: rutin atau living sebanyak 50% dari gaji, tabungan dan investasi atau saving sebanyak 30%, dan nggak ketinggalan, bersenang-senang atau playing sebanyak 20%. Masih punya cicilan utang? Ambil dari jatah bersenang-senang dan sedikit dari jatah investasi. Namanya juga bersakit-sakit dahulu bersenang-senang kemudian. Lunasin utang dulu, ngutang (lagi) kemudian. Becanda deh! Usahain jangan ngutang ya!

image: http://homefirstcertified.com/

2. Pakai Rekening Terpisah

Meski udah rajin membagi pos pengeluaran, tapi kalau masih dari satu sumber rekening tabungan malah nunda masalah aja. Pop Patriotics wajib punya tiga rekening tabungan juga buat bantu pemisahan tersebut.

image: https://brighterlifeindonesia.files.wordpress.com

3. Bikin Prioritas

Banyak mau tapi dikit sumber dana? Wajar, namanya juga manusia, BM (banyak mau). Tapi, Pop Patriotics wajib bikin urutan prioritas mana pos yang harus diutamain. Saran D!, dahuluin bayar cicilan, bayar komitmen biaya hidup, dan investasi. Jangan sampai lebih besar pasak daripada tiang, ya.

image: http://www.lihat.co.id/

4. Tahan Diri Buat ke ATM

Sumber malapetaka biasanya dimulai dari banyaknya uang cash di dompet. Coba itung dulu berapa kebutuhan dana tunai Pop Patriotics setiap minggunya, dan usahakan cuma ke ATM di hari Senin aja.

image: http://1.bp.blogspot.com/

5. Punya Tujuan Jangka Pendek

Rasa bosan buat investasi dikarenakan nggak adanya hasil yang bisa dinikmati dalam waktu dekat. Nah itu, milikilah satu tujuan finansial yang sifatnya jangka pendek. Contoh, setiap tiga bulan sekali, jadi bikin semangat buat nabung!

image: http://3.bp.blogspot.com/


Nah itu tadi kiat-kiatnya biar gajian nggak langsung abis begitu udah di tangan. Mau 'kan punya rekening gendut?

SHARE & COMMENT