streatwear indonesia

Tips Jitu Menabung di Hari Rajin Menabung!

02 Nov 2016

 

Biasanya nih ehem biasanya, di akhir bulan saldo di ATM gendut, begitu masuk awal bulan, saldo di ATM langsung kurus. Tapi tenang aja, Guys. Kalian bukan satu-satunya yang ngalamin fenomena ini. D! juga kok, HEHEHE... 

Image: https://kreditgogo.com

Masih dalam semangat RAjin menaBUng yang digalakkan sama OJK atau Otoritas Jasa Keuangan, dimana pada hari Rabu di minggu pertama setiap bulannya, ditetapkan sebagai Hari Menabung dan tanggal 31 Oktober kemarin baru aja dicanangkan buat jadi Hari Menabung Nasional, masih dalam semangat inilah D! mau membagi tips jitu bagaimana menabung yang baik. But don’t you worry ya, Pop Patriotics. Kalian masih bisa hepi hepi kok dengan menabung (baca= masih bisa belanja produknya Damn! I Love Indonesia, hihihi)

Tips menabung yang jitu tu tu :

1. Bikin komitmen

Pop Patriotics bisa membagi tiga hasil gajian. Buat tabungan, buat emergency, dan buat keperluan Pop Patriotics. Inget juga, jangan nabung kalau ada uang sisa, tapi sisakanlah uangmu pertama kali buat nabung. Pas terima gaji, langsung sisihkan 5 sampai 10%nya buat masuk ke dalam tabungan. Kedua, sisihkan lagi 5 sampai 10% buat emergency, kalau-kalau dibutuhkan mendadak jadi ada “pegangan”. Baru deh sisanya dibagi-bagi buat keperluan lain. Dengan komitmen kayak gini, pasti bakal selalu ada tabungan.

Image: http://www.smartbisnis.co.id/

2. Jangan malu

Nah ini. Nggak usah malu ngomong ke temen kalau kamu lagi berhemat. Mereka juga pasti ngerti kok buat nunda nongkrong cantik demi kamu. Lagipula nongkrong nggak harus ditempat mahal ‘kan? Yang penting kebersamaannya. Hashtag eaaaaa.

Image: http://cdn.klimg.com/

3. Prinsip sebulan sekali

Nggak ada salahnya nyenengin diri sendiri. Asal jangan kebablasan. Boleh kok beli barang mahal asal sebulan sekali dan nggak lebih mahal dari gaji kamu ya. Atau makan ‘mewah’ misalnya dua sampai empat kali aja tiap bulannya. Kalau tiap hari ya keburu abis gajiannya sebelum terima gaji lagi.

Image: http://cdn-2.tstatic.net/

4. Bikin list prioritas

Kalau udah menyisihkan gaji buat ditabung, coba deh bikin daftar pengeluaran gaji kamu kira-kira buat apa aja. Dengan demikian pengeluaran lebih teratur dan terkontrol. Daripada nggak dibikin listtau-tau saldo di ATM tinggal 20ribu.

Image: http://3.bp.blogspot.com/

5. Hindari belanja di minimarket

Percaya nggak percaya, belanja di minimarket itu lumayan menguras dompet lho. Mendingan sebulan sekali Pop Patriotics belanja ke supermarket besar dan lebih bagus lagi kalau ada promo. Karena di minimarket, godaan beli snack ini itu selalu muncul.

Image: http://uc.blogdetik.com/

6. Target

Cobalah bikin target menabung kalian, Guys. Misalnya tujuan kalian nabung itu apa sih. Bisa buat beli sepatu branded yang udah lama kalian incer, bisa buat biaya S2, bisa buat liburan ke Raja Ampat, bisa buat banyak hal deh Guys kalau kalian punya tabungan. Itu sih inti nabung. Biar kalian ada “pegangan” disaat butuh. Kalau lagi mau boros, inget inget lagi tujuan nabung kalian. Bisa jadi “rem” biar nggak jadi boros deh, hehe...

Image: http://cdn1-a.production.liputan6.static6.com/


Begitu Guys tips jitu menabung. Bisa ditiru bisa juga dishare ke teman-temannya. Happy menabung, Pop Patriotics!

SHARE & COMMENT