Hikmah Dibalik Aksi Damai 4 November

04 Nov 2016

 

Hidup lebih indah kalau kita selalu melihat segala sesuatu dari sisi yang positif. Kayak Aksi Damai 4 November ini. Walaupun menyebabkan macet dimana-mana, toh tetap ada hikmah yang bisa kita ambil. 

Kalau menurut D! ada lima hal nih yang bisa kita syukuri dari Aksi Damai 4 November ini :

Image: http://mediajakarta.com/

1. Long weekend

Ini salah satu hal yang sebenernya bener nggak bener sih. Menjelang Aksi Damai ini ada beberapa institusi pendidikan dan perkantoran di ibukota yang ngeliburin para pelajar dan karyawan mereka karena mengantisipasi hal-hal yang nggak diinginkan. Nah, di satu sisi, siapa sih yang nggak seneng dikasih libur dadakan? Di hari Jumat pula! Bayangin kalau biasanya bangun pagi, macet-macetan, dikejar deadline, macet-macetan lagi, baru sampai rumah. Weekend ini malah dikasih early day off! Wuih lumayan banget nggak tuh? Apalagi yang sekolah, kalau ada ulangan terus diliburin pasti bersorak gembira. Tapi buat yang nggak diliburin ya, semangat Guys!

Image: http://cdn1-a.production.liputan6.static6.com

2. Rezeki pedagang asongan jadi double

Coba deh Guys, kalian kalau lewatin daerah demo, pasti yang dagang nggak kalah banyak sama jumlah pendemo. Mereka tau banget momentum yang pas buat ningkatin pendapatan di hari itu. Banyak juga pedagang yang rela pindah dari tempat mangkal mereka demi ikut jualan di area demo. Lumayan ‘kan, yang demo kalau haus, keringetan, ada abang asongan yang jualan tisu, es jeruk, handuk kecil, rokok, macem-macem. Nggak dikit juga yang barang jualannya nggak sinkron sama demonya. Ah, so what? Yang penting jualan laku, yes.

Image: http://img1.beritasatu.com


3. Jadi melek berita

Akuilah Pop Patriotics, selama ini kalian jarang ‘kan buka televisi buat liat berita “berat”? Biasanya paling liat berita infotainment aja, hehehe. Nggak apa-apa. D! juga begitu kok. Tapi dengan adanya isu demo 4 November ini kalian jadi lebih memantau berita ‘kan? Mungkin nggak baca koran atau nonton di TV, tapi lebih di sosial media. Setidaknya kamu jadi aware sama apa yang lagi terjadi di kotamu sendiri, bukan cuma mantengin gosip Hollywood aja.

Image: http://jadiberita.com


4. Jakarta kebanjiran wisatawan lokal

Ini salah satu hal positif lho, Guys. Orang-orang dari luar Jakarta berbondong-bondong ke Jakarta buat berkunjung ke Masjid Istiqlal buat Sholat Jumat’an bareng. Jadi secara nggak langsung nambah kenalan baru. Mungkin bisa ketemu gebetan baru. Ihiiiiyyy…

Image: https://2.bp.blogspot.com


5. Bersatu

Nah ini yang paling D! suka. Nggak cuma warga Jakarta aja yang bersatu biar Aksi 4 November ini berjalan damai. Tapi seluruh Indonesia lho. Buktinya, hashtag #KitaIndonesia jadi trending topic. Banyak anak muda yang ikut gerakan ini. Karena kita tau, memecah belah emang lebih gampang ketimbang menyatukan. Tapi gerakan ini nunjukkin gimana generasi muda sekarang bisa memaknai perbedaan dengan cara yang damai. Bahkan mengajak satu sama lain biar nggak usah lah ribut-ribut.

Image: https://pbs.twimg.com


Itu lah beberapa hikmah yang bisa kita petik dari Aksi Damai 4 November ini. Mungkin Pop Patriotics menemukan hikmah lain? Bisa lho share ke kita. Biar bisa kita share lagi, hehehe. Karena tujuan kita semua baik kok, spread the peace, not the war#KITAINDONESIA!

SHARE & COMMENT