damniloveindonesia
damniloveindonesia
Elpiji dan Bangku Plastik disulap Artistik di Tangan Eko Nugroho
28 Dec 2015
Posted By Damn! I Love Indonesia (Ester P.)
 

Apa sih keindahan yang bisa Pop Patriotics lihat dari tumpukan elpiji, rantai, kain hitam ataupun bangku plastik? Tapi, di tangan Eko Nugroho benda-benda tadi bisa menghasilkan benda sarat seni dan makna dalam pameran instalasi dan muralnya di Salihara (22 November 2015 – 21 Februari 2016).

Serupa dengan temanya Landscape Anomaly, pameran Eko kali ini memang mengambil benda-benda yang biasa kita lihat tapi nggak kebayang sebelumnya bakal menjadi karya seni. Di tangan seniman yang karya seninya pernah mengisi rumah fashion Louis Vuitton ini elpiji menjadi sesuatu yang imajinatif; jejeran elpiji ditumpuk kemudian dirantai, menggambarkan bagaimana elpiji sebagai kebutuhan pokok rakyat nggak bebas untuk dikonsumsi. Ada banyak kepentingan bermain, mulai dari kebijakan pemerintah, harga yang melambung dan sebagainya.



Salah satu karya Eko yang lain adalah tangan-tangan yang mengacungkan telunjuk, memegang kantongan kresek, pedang dan tongsis. Sebuah penggambaran yang kompleks tentang pergesaran makna yang sekarang ini mengikat kita kaum muda.



Kemudian ada juga patung petani yang memegang pacul berdiri memandang lukisan sawah. Ada multi interpretasi dalam karya ini bagaimana sawah nggak lagi menjadi mimpi para petani atau modernitas yang sudah menggilas kehidupan tradisional memberikan tanda tanya bagaimana nasib kebudayaan kita ke depannya? 


Keunikan dari pameran seniman asal Jogja ini adalah meski memiliki ceritanya masing-masing, ke 21 karya ini saling melengkapi satu sama lain. Sapuan mural yang dilukis—on the spot di hampir separuh dinding di ruang pameran juga memberikan sentuhan artistik. Berencana untuk datang? 



COMMENT


Banyolan Betawi Bikin Cinta Indonesia ❮ Prev Article
5 Hoax Tragedi Sarinah yang Wajib Kamu Tahu Next Article ❯
RELATED POST
SHOP THE PRODUCTS
Turtle Neck Red HD Black ...
IDR IDR 349.000
Tee Semangat 45 White Mal...
IDR IDR 250.000
Tee Junior Drifit Damn! B...
IDR IDR 280.000
Tee Generation Of Freedom...
IDR IDR 250.000