damniloveindonesia
damniloveindonesia
Ini Lho Pahlawan Nasional Baru Indonesia!
10 Nov 2016
Posted By Damn! I Love Indonesia (Natalya Wijaya)
 

Setiap tahunnya, Istana Negara rutin ngasih gelar pahlawan nasional. Pemberian tersebut dilakukan setiap satu hari jelang peringatan hari Pahlawan. Nah, tanggal 9 November 2016 kemarin, Presiden Jokowi menganugerahkan gelar pahlawan nasional kepada almarhum Kiai Raden As’ad Syamsul Arifin bertempat di Istana Negara.

Image: http://3.bp.blogspot.com/

Penetapan gelar pahlawan ini berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 90/TK/Tahun 2016 tertanggal 3 November 2016 yang kemudian diserahkan oleh Presiden kepada perwakilan dari ahli waris keluarga, Kiai Haji Raden Agmad Azaim Ibrahimy.

Kiai Raden As’ad Syamsul Arifin adalah tokoh dari Jawa Timur. Lahir pada tahun 1897 di Makkah dan meninggal di Situbondo pada usianya yang ke 93 tahun. Kiai As’ad merupakan pengasuh Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah di Desa Sukorejo, Kecamatan Asembagus, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur.

Kiai As’ad juga merupakan ulama dan tokoh dari Nahdlatul Ulama atau NU dengan jabatan terakhir sebagai Dewan Penasihat Pengurus Besar Nahdlatul Ulama sampai akhir hayatnya. Di tanggal 11 Oktober kemarin, Dewan Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan udah ngadain sidang dan ngasih pertimbangan dan rekomendasi ke Presiden Jokowi atas usulan permohonan Gelar Pahlawan Nasional di tahun 2016 dari Kementerian Sosial melalui surat nomor 23/MS/A/09/2016 pada tanggal 21 September 2016.

Selain ngasih gelar pahlawan nasional, Presiden Jokowi juga ngasih anugerah Tanda Kehormatan Bintang Mahaputera kepada Alm. Mayen TNI (purn) Andi Mattalatta, tokoh dari Sulawesi Selatan dan Alm. Letkol Inf (Anumerta) Sroedji, tokoh dari Jawa Timur.

Pemberian gelar pahlawan nasional ini tentu ada kriterianya, Guys. Seperti yang tercantum di Pasal 26 UU Nomor 20 Tahun 2009 tentang Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan, kriteria pemberian gelar pahlawan nasional ini antara lain: Pernah memimpin dan dan melakukan perjuangan bersenjata, perjuangan politik atau perjuangan bidang lain untuk mencapai, merebut, mempertahankan, dan mengisi kemerdekaan serta mewujudukan persatuan dan kesatuan bangsa; Melakukan pengabdian dan perjuangan yang berlangsung hampir sepanjang hidupnya dan melebihi tugas yang diembannya; Pernah melahirkan gagasan atau pemikiran besar yang dapat menunjang pembangunan bangsa dan negara; Pernah menghasilkan karya besar yang bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat luas atau meningkatkan harkat dan martabat bangsa; dan Memiliki konsistensi jiwa dan semangat kebangsaan yang tinggi dan/atau melakukan perjuangan yang mempunyai jangkauan luas dan berdampak nasional.


COMMENT


10 Foto Ini Ngebuktiin Kalau Orang Indonesia Nggak Kalah Kreatif! ❮ Prev Article
Black Cab di London Ikutan Promosi Wisata Indonesia! Next Article ❯
RELATED POST
SHOP THE PRODUCTS
Tee Signature Korea Black...
IDR IDR 230.000
KAGUMI BAJAJ BROWN
IDR IDR 275.000
Hoodie Male Longitude Cir...
IDR IDR 349.000
Tee Handwritten Grey Fema...
IDR IDR 265.000