streatwear indonesia

Tau Dong, Indonesia Produsen Mutiara Terbesar di Dunia?

18 Nov 2016

 

Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, nggak heran kalau kekayaan laut Indonesia juga banyak banget. Salah satu hasil laut yang patut dibanggain adalah mutiaranya yang dianggep terbaik di dunia. Dunia lho Pop Patriotics. Dan dengan potensi ekonomi mutiara yang tinggi, sejak tahun 2005 Indonesia udah jadi produsen terbesar mutiara laut selatan. How cool is that?

Image: http://www.rumahseniindonesia.com/

Menurut ahli mutiara dari Sekolah Tinggi Perikanan, Mulyanto, Indonesia dianugerahi sebagai tempat paling ideal produsen mutiara laut selatan atau south sea pearl. South sea pearl ini merupakan jenis mutiara yang dihasilkan oleh kerang Pinctada maxima dengan negara produsen utamanya adalah Indonesia, Australia, Filipina, Myanmar, Vietnam, dan Thailand.

Sependapat sama Mulyanto, seorang ahli biota laut asal Australia, Joseph Taylor juga bilang kalau Indonesia merupakan pusat mutiara laut selatan terbesar di dunia. Tapi sayang, masih banyak orang Indonesia belum tau kalau kualitas mutiaranya bagus-bagus.

Image: http://ijn.co.id/

Dikutip dari CNNIndonesia, berdasarkan data Kementerian Kelautan dan Perikanan, mutiara laut selatan yang diproduksi di dunia ada 12 ton per tahun. Sementara Indonesia udah menghasilkan 6,74 ton mutiara. Hal ini nunjukkin kalau sekitar 50 persen keberadaan mutiara jenis ini berasal dari Indonesia. WooHooo!

Image: http://img.antaranews.com/

Kalau di Indonesia sendiri, daerah penghasil mutiara laut selatan ini ada di Raja Ampat, Lombok, Buleleng, Karang Asem, Labuan Bajo, Maumere, Larantuka, Alor, Kupang, Aru, Seram, Banda, Halmahera, Manado, Bitung, Kendari, Lampung, dan beberapa daerah lain.

Image: http://static.republika.co.id/

South sea pearl ini dianggep salah satu mutiara tercantik di dunia lho, Guys. Kilaunya indah dan pantulan cahayanya lembut. Mutiara jenis ini juga dianggep punya harga yang lebih mahal karena keunggulannya yang punya ukuran trombosit aragonite dari kerang yang ngebentuk mutiara ini berukuran lebih besar dan punya lapisan luar yang tebal dan rata. Makanya juga sering disebut ratunya mutiara. Gitchuuuu...

Image: http://missjoaquim.com/

Psst... Mutiara laut selatan Indonesia ini juga pernah dicanangkan sebagai salah satu mutiara terbaik dan terbesar di dunia dalam konferensi di Kobe tahun 1995 lho. Semoga kementerian kelautan kita memperhatikan hal ini juga ya, Guys. Biar bisa lebih ditingkatin lagi kualitasnya dan terus jadi yang terbaik di dunia.

SHARE & COMMENT