Selamat Hari Pohon Sedunia!

21 Nov 2016

 

Mungkin banyak yang belum tau atau inget, kalau setiap tanggal 21 November diperingati sebagai Hari Pohon Sedunia. Nah, adanya Hari Pohon ini adalah buat menghormati jasa J. Sterling Morton. Beliau adalah seorang pecinta alam dari Amerika.

Image: https://upload.wikimedia.org

Beliau ini semangatnya tinggi banget dalam mengkampanyekan gerakan menanam pohon. Alasan awalnya sederhana, beliau berharap ada pohon buat berteduh dan sebagai pemecah angin. Nah, dari kampanye-kampanye Morton inilah yang bikin orang lain ikutan dan muncul opini serta kebijakan buat menanam dan merawat pohon.

Image: https://blogs.uajy.ac.id

D! sendiri setuju banget sama adanya Hari Pohon ini. Sebenernya kita nggak perlu juga sih diingetin setahun sekali akan pentingnya pohon bagi kehidupan makhluk hidup (bukan cuma bagi manusia aja lho ya). Alangkah baiknya kalau kita setiap hari inget akan pentingnya pohon.

Image: http://berita.suaramerdeka.com/

Perlu diketahui, hutan yang pada dasarnya ditumbuhi banyak pohon, punya fungsi sebagai penyerap gas CO2 (karbondioksida) dan penghasil O2 (oksigen), juga penyimpan atau penampung air dalam jumlah besar. Sokebayang nggak sih Pop Patriotics, kalau kebakaran hutan tuh bisa ngasih dampak negatif yang menyeramkan?

Image: http://beritadaerah.co.id/

Nggak mengherankan kalau efek global warming makin kerasa, tanah longsor, dan banjir dimana-mana, khususnya di daerah yang hutannya tandus.  Apalagi kalau nggak ada oksigen, mau menghirup apa kita nanti? Ditambah, fauna langka yang kehilangan habitatnya kalau tempat mereka tinggal dihancurin.

Image: http://assets.kompas.com/

Hal inilah yang seharusnya diingat sama khalayak luas, pentingnya kehidupan pohon buat bumi, buat makhluk hidup yang tinggal didalamnya. Semoga nggak setahun sekali aja ya, kita mengingat untuk melestarikan pohon dan hutan, biar tercipta lagi keharmonisan dan keseimbangan ekologis yang manfaatnya balik lagi buat kehidupan semua makhluk hidup.

Image: https://aws-dist.brta.in


SHARE & COMMENT