Nah Lho, Bukan Hujan Duit, Tapi Hujan Maklumat

23 Nov 2016

 

Warga Jakarta mendadak dikagetkan dengan turunnya lembaran-lembaran kertas dari langit. Otomatis, warga ngirainnya duit dong... Wajar, karena siapa sih yang nggak pengen kalau uang jatuh dari langit? Hehehe...

Image: http://cdn2.tstatic.net/

Tapi sayangnya yang jatuh dari langit itu bukannya duit tapi maklumat. Apa sih itu maklumat? Kalau mengacu pada KBBI atau Kamus Besar Bahasa Indonesia sih, maklumat itu sama aja kayak pemberitahuan atau pengumuman. Nah, maklumat ini darimana kok bisa tiba-tiba turun dari langit? Jadiii... Awalnya nih Kepala Kepolisian Daerah Metro Jaya, Inspektur Jenderal Mochamad Iriawan berencana nyebarin empat poin maklumatnya menggunakan helikopter terkait rencana demo tanggal 2 Desember mendatang.

Image: https://cdn.tmpo.co

Maklumat ini isinya himbauan dan panduan buat menyampaikan pendapat di muka umum. Beberapa diantaranya ada sanksi atas pelanggaran hukum penyampaian pendapat mulai dari pembubaran paksa sampai penegakan hukum. Tertulis juga larangan untuk membawa senjata dan benda tajam. Didalam maklumat itu juga tertulis larangan merusak fasilitas umum dan larangan keras untuk menimbulkan provokasi yang mengarah ke isu SARA.

Image: https://4.bp.blogspot.com

Pihak yang dikerahkan untuk penyebaran maklumat ini dari tingkat jajaran polres sampai polsek di seluruh Jakarta dan TNI serta pemerintah DKI Jakarta. Nah kalau menurut Pop Patriotics, penyebaran maklumat ini perlu nggak sih? Dan kalau perlu, efektif nggak? Share ke D! ya pendapat kalian!

SHARE & COMMENT