streatwear indonesia

Hari Ini Mulai Diberlakukan E-Tilang, Apa Sih Itu?

16 Dec 2016

 

Suka ngerasa ribet kalau kena tilang karena repot nebusnyaWell, ribet no more, Pop Patriotics. Terhitung mulai hari ini, Jumat 16 Desember 2016, polisi udah memberlakukan sistem tilang online atau e-tilang. Jadi nggak ada lagi deh ngantri lama-lama di pengadilan dan pungli-pungli.

Image: http://cdn.metrotvnews.com/

Jadi, apa sih e-tilang itu? Kepala Sub Direktorat Pembinaan dan Penegakan Hukum Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto menjelaskan, kalau dulu penilangan pakai blanko atau surat tilang, sekarang pengendara yang melanggar aturan lalu lintas atau kena tilang, bakal dicatat lewat aplikasi milik personal kepolisian. Nah, setelah terekam, pengendara dalam waktu singkat bakal mendapat notifikasi berupa kode yang persis kayak surat tilang dan kode buat melakukan pembayaran denda lewat BRI.

Seperti dikutip dari kompas.com, e-tilang ini ngasih kesempatan dan memudahkan pelanggar buat nitipin dendanya langsung ke bank dengan fasilitas yang mereka punya, bisa dengan e-banking, ATM, atau dateng langsung ke teller.

Image: https://www.blogsederhana.web.id

Pelanggar diwajibin buat ngebayar denda maksimal sesuai pasal yang dilanggar. Kalau udah lunas, petugas yang nilang juga langsung dapet notif di ponselnya. Pelanggar bisa nebus suratnya yang disita langsung dengan cukup nyerahin tanda bukti bayar, atau nyerahin tanda bukti bayarnya di tempat yang udah ditentukan dalam notifikasi.

Program tilang online ini bertujuan biar lebih memudahkan pelanggar untuk menebus surat-suratnya yang ditilang dan sebagai reformasi hukum juga. Karena selama ini penegakan hukum terkesan lamban, kurang transparan, birokratis, masih adanya penyimpangan. Makanya dengan adanya program e-tilang ini diharapkan bisa ningkatin pelayanan bagi masyarakat secara transparan, akuntabel, modern, dan terpercaya.

Image: https://mubarakcplaw.files.wordpress.com

Tapi untuk saat ini e-tilang sendiri masih ada keterbatasan. Aplikasi baru bisa melayani slip tilang biru. Kalau selama ini kita taunya tilang biru bisa dilakukan dengan nitipin duit ke petugas, kali ini ada aplikasi e-tilang yang bisa meminimalisir kemungkinan adanya pungutan liar, karena nggak ada lagi transaksi tunai antar pelanggar dan polisi.

Meski begitu, nggak usah khawatir Guys, seiring berjalannya waktu, dipastikan tilang merah bisa dilayani juga, sehingga nggak ada lagi sidang tilang. Selain itu, fasilitas pembayaran lewat bank lain juga bakal ditambah biar memudahkan pembayaran.

Kalau Damn! sih so far setuju-setuju aja sih sama program baru ini, asalkan beneran bisa ngurangin pungli dan memudahkan yang kena tilang. Kalau bisa lagi sih ngurangin pelanggaran-pelanggaran tilang ya, biar aturan lalu lintas berjalan dengan baik.

SHARE & COMMENT