damniloveindonesia
damniloveindonesia
Ini Lho Pesan Khusus Dibalik Peluncuran Uang Rupiah Baru...
20 Dec 2016
Posted By Damn! I Love Indonesia (Natalya Wijaya)
 

Pada peluncuran satu seri uang Rupiah Tahun Emisi 2016 kemarin, tanggal 19 Desember 2016, Gubernur Bank Indonesia, Bapak Agus Martowardojo ngungkap bahwa dibalik peluncuran uang Rupiah baru ada lima makna penting. Hmm... Apa aja ya?

Image: https://cdn1-a.production.liputan6.static6.com

1. Perwujudan Kedaulatan RI

Penerbitan uang Rupiah Tahun Emisi 2016 ini adalah amanat Undang-Undang Mata Uang, dimana mata uang Rupiah punya ciri-ciri tertentu yang udah diselarasin sama mandat Undang-Undang. Salah satu ciri khususnya ya pencantuman frasa “Negara Kesatuan Republik Indonesia” yang filosofinya adalah Rupiah merupakan simbol kedaulatan NKRI.

2. Rupiah Sebagai Simbol Negara Indonesia

Dan merupakan alat pembayaran yang sah serta wajib dipakai dalam setiap transaksi di Indonesia. Penggunaan uang asing dalam transaksi di NKRI tentu nggak sejalan sama semangat nasionalisme dan melanggar UU juga ketentuan yang berlaku.

Image: https://cdn.tmpo.co

3. Upaya Menjaga Ketersediaan Uang

Bank Indonesia senantiasa mengupayakan tersedianya uang Rupiah, sehingga bisa memenuhi kebutuhan masyarakat dalam jumlah nominal yang cukup, jenis pecahan juga sesuai, tepat waktu, dan dalam kondisi yang layak edar di seluruh wilayah NKRI, baik di perkotaan maupun di pedesaan.

4. Menjaga Kualitas Uang Rupiah

Tentu kualitas mata uang harus dijaga dengan baik, ‘kan simbol negara juga. Makanya menjaga Rupiah sama artinya dengan menjaga simbol kedaulatan negara.

5. Bentuk Penghargaan Kepada Pahlawan

Pencantuman gambar pahlawan dalam pecahan Rupiah merupakan salah satu bentuk penghargaan negara kepada pahlawan serta kekayaan alam Indonesia.


Itu Guys, lima makna penting dibalik diresmikannya mata uang Rupiah yang baru. Hmm... Damn! belum kebagian nih! Pop Patriotics udah ada yang punya Rupiah baru?



COMMENT


Hal-Hal Ini Bikin Kita Tetep Bangga Sama Timnas, Walaupun Belum Juara ❮ Prev Article
Natasha Mannuela, Si Cantik Dari Belitung Yang Jadi Runner-Up Kedua di Miss World 2016 Next Article ❯
RELATED POST
SHOP THE PRODUCTS
Key Signature Red Black
IDR IDR 35.000
Tee Male Sign White HD Re...
IDR IDR 220.000
Sticker Sign Damn! Gold H...
IDR IDR 30.000
Sticker Sign Damn! Navy H...
IDR IDR 30.000