damniloveindonesia
damniloveindonesia
Semua Hal Yang Harus Kamu Ketahui Tentang Olahraga Lari
01 Feb 2017
Posted By Damn! I Love Indonesia (Natalya Wijaya)
 

Berlari adalah cara yang tepat untuk mendapatkan tubuh yang fit. Pop Patriotics nggak perlu banyak alat, bisa dilakukan dimana aja, dan available kapan aja. Pop Patriotics juga nggak perlu nunggu tempat gym buka atau kelas mulai, langsung aja whossssshhh!

Mungkin Pop Patriotics mikir lari ini bagus buat kaki ajabut hey! Nggak lho. Lari itu bagus buat seluruh tubuh. Lari cepat juga cara yang ampuh buat membakar kalori.

Orang-orang juga suka khawatir cedera, lututnya sakit, dan sebagainya dan sebagainya. Tapi itu cuma mitos yang bilang lari itu nggak baik buat kamu. Tubuh yang nggak dipersiapkan dan kurangnya mobilitas lah yang bikin kamu bisa cedera, jadi pastiin sebelum lari kamu pemanasan, stretching, dan lakukan gerakan olahraga yang bisa mendukung kamu saat lari. Kalau kamu kelebihan berat badan, bisa start pelan-pelan, mulai dari jalan cepat sampai jogging. Kalau punya masalah kesehatan, konsultasikan dulu sama dokter kamu.

Sama dengan manfaat fisiknya, lari juga punya manfaat yang bagus buat psikis kamu, lho. Berlari bisa dibilang sama kayak meditasi. Bikin pikiran lebih tenang, melepas adrenalin, dan endorfin.

Nah buat pemula, Damn! udah nyiapin latihan lari yang pas buat kamu, dikutip dari theguardian.com. So, lace up!

Minggu 1

Senin

Lari selama 1 menit, kemudian jalan 1 menit. Lakukan 10x

Selasa

Istirahat

Rabu

Lari selama 1 menit, kemudian jalan 1 menit. Lakukan 10x

Kamis

Istirahat

Jumat

Lari selama 1 menit, kemudian jalan 1 menit. Lakukan 10x

Sabtu 

Istirahat (Kalau badan kamu dirasa fit, boleh melakukan aktivitas lari)

Minggu

Istirahat

Minggu 2

Senin

Lari selama 2 menit, kemudian jalan 1 menit. Lakukan 8x

Selasa

Istirahat

Rabu

Lari selama 2 menit, kemudian jalan 1 menit. Lakukan 8x

Kamis

Istirahat

Jumat

Lari selama 2 menit, kemudian jalan 1 menit. Lakukan 8x

Sabtu

Istirahat

Minggu

Istirahat

Minggu 3

Senin

Lari selama 5 menit, kemudian jalan 2 menit. Lakukan 4x

Selasa

Istirahat

Rabu

Lari selama 7 menit, kemudian jalan 2 menit. Lakukan 3x

Kamis

Istirahat

Jumat

Lari selama 10 menit, kemudian jalan 3 menit. Lakukan 2x

Sabtu 

Istirahat

Minggu

Istirahat

Minggu 4

Senin

Lari selama 12 menit, kemudian jalan 3 menit. Lakukan 2x

Selasa

Istirahat

Rabu

Lari selama 15 menit, kemudian jalan 1 menit. Lakukan 2x

Kamis

Istirahat

Jumat

Istirahat

Sabtu 

Nah, ini yang kamu tunggu-tunggu: lari 30 menit Pop Patriotics yang pertama. Selamat!

Minggu

Istirahat

Mau lari lebih cepet? Ini 5 cara untuk meningkatkan kecepatan lari kamu!

1. Biasakan lari cepat, interval training atau sprint (lari cepat jarak pendek) adalah cara paling efektif. Larilah di taman atau trek dan lari sejauh 150 meter. Jogging pelan di 50 meter pertama di kecepatan normal. Di 50 meter kedua, naikkan kecepatan lari, push yourself! Di 50 meter terakhir, kerahkan semua kecepatan untuk sprint. Jalan pelan ke start point, istirahat sejenak, ulangi 10x.

2. Gabung lari kamu dengan beberapa interval yang diperpanjang. Misalnya, kamu lari 5K, di 1K pertama, lari di kecepatan tinggi, kemudian di kilometer kedua, kurangi setengah kecepatan, kemudian percepat lagi lari sampai 1 kilometer terakhir yang agak dikurangi kecepatannya. Kamu bakal seneng banget liat perkembangan kecepatan lari kamu.

3. Gerakan yang dinamis dan pendinginan adalah kunci untuk mendukung aktivitas lari kamu. Kamu bisa coba gerakan 20-30 melompat di box yang tinggi-rendah, atau lompat ke samping dengan jarak yang lumayan, atau lompat tali selama 3-5 menit sebelum lari bisa bikin kakimu tambah kuat!

4. Rencanakan larimu, Guys. Jangan lupa juga untuk selalu set target setiap kamu lari. Misalnya hari ini kamu menargetkan lari sejauh 5K dalam waktu 35 menit, minggu depan targetmu 5K dalam waktu 30 menit. Boleh banget untuk ikutan event lari yang bisa kamu persiapkan 6-8 minggu sebelum acara. Mempersiapkan diri pasti bikin performa larimu lebih bagus.

5. Jangan lupakan kekuatan kamu. Meski lari, kamu juga harus tetep jaga kondisi core (bagian inti perut)punggung bagian bawah, glutes, dan bagian paha belakang. Kurangnya mobilitas bisa bikin kamu cedera. Pakai foam roller dan sehabis lari, jangan lupa lakukan squats, lunges, step-ups, dan glute bridges (baring telentang, tekuk lutut, angkat bokong kamu naik-turun)

8 Tips Untuk Lari Yang Nyaman

1. Kepala selalu dalam keadaan rileks, posisi netral

2. Bahu juga harus rileks, nggak bungkuk

3. Saat jogging, biarkan tangan kamu mengayun alami, jangan sampai ayunan tangan lebih tinggi dari dada kamu, dan jangan lebay! Tapi pas kamu sprint, boleh lah tenaganya dikerahkan habis-habisan

4. Tangan harus selalu deket sama badan kamu, tapi juga jangan nempel

5. Kesalahan terbesar adalah saat kamu melangkahkan kaki terlalu jauh, ini malah bisa bikin lutut kamu sakit, lho. Soalnya kalau kejauhan, jadi bikin tekanan buat lutut, pinggul, dan punggung belakang, jadi bisa bikin lari kamu bukannya makin cepet, malah makin lambat

6. Usahain “mendarat” di antara tumit dan pertengahan kaki (betis), baru deh menjalar ke jari-jari kaki. Kaki kamu harus selalu berada di bawah badan kamu, pas kaki kamu menyentuh tanah. Kalau perlu, langkah kaki nggak usah lebar-lebar

7. Pastikan core kamu terlibat, jadi kamu nggak usah goyang kanan-kiri terus. Bagian dada kamu juga harus dalam posisi netral, tegap, dan nggak pindah-pindah. Cuma pinggul dan bahu yang harusnya bergerak

8. Latih pola pernafasan yang nyambung sama langkah kaki kamu. Coba empat langkah, tarik nafas dalam, empat nafas keluar (terlalu susah? Coba dua dulu aja)


Selain persiapan dan stamina, aktivitas lari kami juga harus didukung dengan pakaian yang tepat. Biar lari kamu lebih nyaman. Selain nyaman, juga pilih pakaian yang kece dong. Kali-kali mau di-update di social media. Kalian bisa cobain koleksi pakaian olahraga terbaru dari Damn! Ada Tee Dri-Fit Damn Sign White dan Tee Indo Runner Blue. Warna biru yang tegas dan putih yang bersih pasti bikin siapa aja yang liat jadi semangat pengen ikutan olahraga! Bagus juga buat tampilan di Instagram feed kalian lho :P

Yuk langsung liat aja koleksinya di sini dan di siniHappy running, Pop Patriotics!



COMMENT


Destinasi Diving Dunia Terbaik 2017? Ya di Indonesia! ❮ Prev Article
Nekat Sih Boleh Aja... Tapi Nggak Gini Juga Kaleee! Next Article ❯
RELATED POST
SHOP THE PRODUCTS
Damn! Signature Junior Ko...
IDR IDR 230.000
Polo Female Merdeka Black...
IDR IDR 279.000
Tee Handwritten White Fem...
IDR IDR 265.000
Sticker Sign Damn! Pink H...
IDR IDR 15.000