streatwear indonesia

Jangan Ge-Er Dulu, Indochina Itu Bukan Indonesia Kok!

24 Feb 2017

 

Kemarin ini, dunia media sosial Indonesia lagi anget-angetnya ngomongin soal Indochina. Pasalnya ada seorang netizen yang meng-upload sebuah foto di akun Facebook-nya dengan caption yang terkesan marah-marah. Dengan adanya foto dan caption tersebut, nggak sedikit netizen lain ikut terprovokasi dan ya, jadi pada emosi deh.

Image: http://media.suara.com

Nih postingannya...

Image: http://jurnalindonesia.id

Namanya udah masuk media sosial, langsung viral-lah foto tersebut dan jadi bahan perbincangan di Facebook dan Twitter. Beberapa netizen pun "tersulut" emosinya dan ngasih komentar pedes dan sayangnya, provokatif.

“Indochina????? Negara mana itu... Apakah ini bertanda akan terjadinya revolusi?” - @rajabunglon

“Ini negara kok tidak ada wibawanya ya. Sepertinya Indonesia ini sudah tidak ada di mata dunia” - @delf_piliang

“Kenapa tidak ada yang marah ketika nama Indonesia menjadi Indochina di Bandara Kuala Lumpur?” - @sattarzain

Padahal sebenernya Indochina itu adalah area di semenanjung Asia Tenggara bekas jajahan Prancis, ada Vietnam-Kamboja-Laos. Disebut Indochina karena posisinya di antara India dan China. Gitchu lho Guys.

Image: http://jurnalindonesia.id

Duhudah emosi, salah sangka pula! Haduh haduh... Nggak sedikit juga netizen yang ikutan kesel karena orang-orang keburu marah-marah duluan sebelum mengetahui fakta dibaliknya. Nih cuitan mereka :

“Indochina itu kawasan, semenanjung gitu lhoooo... Doh ya... Dulu pelajaran geografi molor kali ya pada-pada...” - @firqohcute

“Indo China itu istilah untuk negara2: Vietnam, Laos, dan Cambodia. Benci boleh, bodoh jangan,” - @papa_danzel

“Pertama dengar istilah ‘Indochina’ itu pas pelajaran IPS kelas 5 SD, BAB negara-negara Asia Tenggara,” - @Arfan_Jrocks

Udah-udah... Lumayan ‘kan Guys jadi dapet informasi baru buat yang belom tau Indochina itu apa. Selalu berpikiran positif aja, jangan suka menebarkan informasi yang sifatnya provokasi. Juga buat netizen lebih waspada dan teliti lagi dalam mencerna berita-berita yang ada, jangan ditelen mentah-mentah. Sashimi aja yang ditelen mentah-mentah... (OK, fix, garing).

SHARE & COMMENT