damniloveindonesia
damniloveindonesia
5 Hoax Tragedi Sarinah yang Wajib Kamu Tahu
15 Jan 2016
Posted By Damn! I Love Indonesia (Ester P.)
 

Kehebatan media sosial dalam menyebarkan informasi memang dahsyat banget sekaligus luaaaaaaar biasaaaaa….lebay. Satu kejadian kecil bisa menjadi peristiwa gede apalagi bila kejadiannya memang besar? Bisa jadi tambah besar bahkan terkesan dibesar-besarkan supaya mendapat perhatian massa.

Seperti kejadian mengerikan yang terjadi semalam Kamis (14/01). Bom meledak di depan Starbucks dan pos polisi Sarinah teramat mengejutkan Jakarta. Bikin mencekamnya lagi ketika beredar pesan-pesan berantai yang mengatakan teroris sudah menyerang Jakarta di beberapa tempat dan hal-hal menyeramkan lainnya. 

Well, Patriotics sebagai anak muda pengguna aktif media sosial, sudah seharusnya kita lebih cerdas menerima informasi. Jangan hanya asal masuk saja tapi juga dicerna kebenarannya. Percuma dong masang #KamiTidakTakut tapi membiarkan informasi nggak benar menyebar dan bikin panik! Ini dia nih, berita hoax yang bikin tragedi Sarinah jadi tambah rame

1. Menyebar di Beberapa Titik di Jakarta

Pesan yang menyebar ke masyarakat kalau titik bom nggak hanya di Sarinah saja tetapi sudah ada di beberapa lokasi; Palmerah, ITC Kuningan, Slipi, Cikini dan Alam Sutra. Informasi sesat ini membuat sebagian shopping centre tutup, karyawan beberapa perusahaan di lokasi yang dikabarkan “berbahaya” dipulangkan lebih cepat, begitu juga kampus-kampus. Ada positifnya juga sih dari kabar “sesat” ini, Jakarta jadi lebih lengang dari biasanya hehehe. Tap patut dicatat dan digarisbawahi kalau perlu pakai Caps Lock; menurut Karopenmas Brgjen Agus Rianto serangan yang terjadi kemarin HANYA terjadi di satu titik aja yaitu Sarinah.


2. Bom Sudah Ditanam di Beberapa Restoran Brand Amerika

Jauhi brand Amerika! Pop Patriotics mendapat pesan yang sama nggak? Kita diminta untuk menjauhi Starbucks serta “teman-temannya”. Secara menurut informasi yang beredar, bakal ada ledakan susulan di gerai-gerai milik barat. Gara-gara info ini kemarin hampir semua Starbucks di Jakarta tutup, resto-resto fast food dengan cap barat dihindari konsumen.



3. Bom Meledak di Palmerah

Nggak lama setelah bom meledak di Sarinah, dikabarkan kembali terjadi ledakan di pos polisi di Palmerah. Tentu masih kebayang betapa paniknya kita mendengar informasi tersebut. Yang awalnya mau melewati Jalan Palmerah nggak jadi, belum lagi perkantoran di sana yang jadi panik kuadrat. Padahal, faktanya…sama sekali nggak terjadi apa-apa di sana!


4. Jakarta Darurat

Ada bermacam informasi beredar yang sebenarnya intinya ingin mengatakan kalau Jakarta sedang berada dalam kondisi darurat. Bakal ada serangan kembali serta hal-hal mencekam lainnya, yang bikin warga Jakarta makin takut keluar rumah/kantor/gedung. Faktanya adalah aksi bom tersebut bisa dibereskan pihak berwajib dalam waktu 4 jam. Memang berbahaya sih Pop Patriotics, tapi jangan sampai membuat kita jadi panik teramat sangat sampai segitunya juga kan?

5. Terjadi Penembakan di Semanggi

Kabar sesat lainnya adalah serangan di Sarinah berujung pada kejar-kejaran polisi sampai ke Plaza Semanggi. Dan di Kawasan Semanggi terjadi tembak-tembakan seru antara polisi dan pelaku. Kenyataannya, insiden tersebut hanya terjadi di seputaran Sarinah saja, karena pihak berwajib sudah mengepung lokasi tersebut sehingga pelaku nggak bisa kemana-mana.


So, keep calm and pray! Jangan juga menjadikan momen ini alasan untuk menghubungi mantan ya hehehe, bercanda kok. Stay safe #KamiTidakTakut !! 



COMMENT
Anonymous - Sat, 16 Jan 2016 Betul betul tuh jangan telan bulat bulat tapi harus di cerna dulu. Yg meledak di Palmerah, ITC Kuningan, Slipi, Cikini dan Alam Sutra itu pasti bukan bom tapi gas 3kg hahaha yg sering meleduk dijakarta sama seperti lagu almarhum benyamin.

Anonymous - Sat, 16 Jan 2016 Saya sangat setuju ko! Awalnya memang saya agak sangsi dengan pemberitaan spt tu, bahkan ada yg bilang itu pertanda negara dalam bahaya. Tapi menurut aku itu sangat berlebihan.bahkan yg saya lihat di media sosial polisi berhasil membekuk dan membunuh pelaku.itu dah jempol bgt deh buat keberanian polisi dan aparat senjata indonesia. #KamiTidakTakut



Elpiji dan Bangku Plastik disulap Artistik di Tangan Eko Nugroho ❮ Prev Article
Jakarta Jadi Tempat Unjuk Gigi 70 Seniman Dunia di Biennale 2015 Next Article ❯
RELATED POST
SHOP THE PRODUCTS
Tee Signature France Blue...
IDR IDR 230.000
Band Sukarno Qoutes Black...
IDR IDR 35.000
Tee Signature I Love Srby...
IDR IDR 220.000
Tee Japan Black HD Gold J...
IDR IDR 230.000