damniloveindonesia
damniloveindonesia
Transformasi Surawiroaji Menjadi Untung Surapati, Bocah yang Membawa Keberuntungan
21 Dec 2018
Posted By Damn I Love Indonesia
 

Halo Pop Patriotics! Hari ini kita akan ngomongin salah satu pahlawan Indonesia yang mungkin kalian pernah dengar namanya. Apa ada yang tahu tentang Untung Surapati? Jadi, kita akan belajar mengenai bagaimana Untung Surapati mendapatkan namanya.

untung-surapati

Image courtesy of Tirto.id


Untung Suropati, atau Untung Surapati ini sebenarnya lahir dengan nama Surawiroaji lho (Kita di kantor Damn! Sendiri jujur agak kesulitan ngomongin namanya 5x berturut-turut tanpa salah). Dia lahir di Bali di tahun 1660 dan meninggal di Pasuruan, Jawa Timur tepat hari ini, tanggal 5 Desember kira-kira 300 tahun lalu di tahun 1706.


Yang lebih kerennya lagi, dia terkenal dan menjadi legendaris karena dulunya dia itu rakyat jelata dan juga menjadi budak VOC (hayo, masih pada ingat VOC singkatannya apa gak?). Dimana ia akhirnya menjadi bangsawan dan Tumenggung, atau Bupati di Pasuruan.


Dengan nama Suro-, maksud kami Surawiroaji ini dulu dibeli oleh perwira VOC yang bernama Moor. Karena Moor merasa bahwa budak cilik ini membawa keberuntungan baginya, sehingga Surawiroaji diberi nama “Untung”. Singkat cerita, Untung masuk penjara karena berhubungan dengan putri Moor, namun, Untung berhasil kabur dan lantas menjadi buronan.


Kisah Untung belum lengkap, suatu hari Untung ditawarkan menjadi tentara VOC oleh seorang Kapten daripada menjadi buronan terus. Untung yang menerima pelatihan tentara diberi pangkat letnan. Ia pun akhirnya ditugaskan untuk menjemput seorang Pangeran yang sudah menyerah.


Di tengah jalan, ia melewati Kesultanan Cirebon dan disana Untung berkelahi dengan anak angkat Sultan bernama Raden Surapati. Karena berkelahi, mereka berdua diadili dan Raden Surapati yang terbukti bersalah dan dihukum mati. Semenjak itu, nama Surapati tadi diberikan kepada Untung, dan namanya menjadi Untung Surapati.


Tapi, kisah Untung Surapati, bocah yang membawa keberuntungan ini belum selesai! Masih ada banyak kisahnya yang keren-keren, tapi itu adalah cerita di lain hari. Tungguin aja kelanjutan kisah Si Untung!



COMMENT
Anonymous - Fri, 11 Jan 2019 Kak, ulas tentang pahlawan cewek dong!



Mari Mengenal Pramoedya, Sosok Dibalik Bumi Manusia ❮ Prev Article
Siapakah Pahlawan Dari Bali Ini? Ayo Simak Kisah Serunya! Next Article ❯
RELATED POST
SHOP THE PRODUCTS
Polo Male Merdeka Orange/...
IDR IDR 279.000
Tank Top Signature A Line...
IDR IDR 220.000
Tee Sukarno Amazing White...
IDR IDR 250.000
Tee Sign Junior Red HD Bl...
IDR IDR 220.000