streatwear indonesia

Kisah Kaisar Giok Dengan Perlombaannya

05 Feb 2019

 

Kaisar pun menentukan tahun-tahun di kalender sesuai dengan kedatangan binatang yang sudah tiba

tahun-baru-cina-binatang

Foto dari Wikipedia


Selamat Hari Imlek, Pop Patriotics! Gong xi fa cai! Bagaimana kalian merayakan hari Imlek tahun ini? Tahu nggak kalian kalo tahun baru Cina kali ini adalah tahun babi tanah? Jadi cerita pendeknya itu, di setiap tahun baru Cina dilambangkan oleh satu binatang dan satu elemen yang berubah setiap tahunnya. Ada dua belas binatang yang bisa melambangkan satu tahun! Jadi tahun lalu adalah tahun anjing tanah dan perayaan Imlek tahun 2020 akan menjadi tahun tikus logam!


Jadi sebenarnya, menurut kepercayaan orang-orang Tiongkok, kenapa sih setiap tahun dilambangkan dengan binatang-binatang?


Konon legendanya adalah Kaisar Giok suatu hari mengadakan sebuah sayembara untuk menentukan binatang apa saja yang jadi nama setiap tahun di kalendernya. Dengan itu, ia berkata bahwa 12 binatang yang bisa sampai ke Kaisar Giok duluan akan berhak menjadi salah satu nama di satu tahun. Di antara binatang-binatang, ada sebuah sungai yang menghalangi mereka ke Kaisar. Tujuannya adalah siapa yang bisa melewati rintangan yang ada untuk bisa sampai ke Kaisar.


Binatang yang sampai duluan adalah tikus yang diikuti oleh kerbau. Sebenarnya tikus datang bersama kucing, namun karena mereka berukuran kecil, mereka tidak bisa melewati sungai, jadi mereka pun meminta bantuan kerbau. Kerbau yang baik dengan senang hati membantu mereka menyeberangi sungai, namun entah dengan sengaja atau tidak sengaja, tikus mendorong kucing yang akhirnya jatuh dan hanyut karena arus sungai yang deras.


tahun-baru-cina-binatang

Foto oleh zhangkaiyv


Kemudian harimau pun datang dengan kelinci. Meskipun kuat, harimau nyaris hanyut pula oleh arus sungai, namun ia berhasil berenang menyeberanginya. Si Kelinci juga nyaris jatuh dari batu-batuan yang ia lompati, setelah nyaris jatuh, ia berpegangan erat ke gelondong kayu dan selamat sampai tujuan. Mereka menjadi binatang ketiga dan keempat.


Lalu naga datang dan menjadi binatang kelima yang masuk ke dalam kalender. Kaisar sebenarnya agak bingung mengapa naga yang bisa terbang ini tidak menjadi binatang pertama yang sampai. Naga berkata bahwa ia terlambat karena ia membantu sebuah desa yang sedang membutuhkan hujan, ia juga berkata bahwa ia melihat gelondong kayu dengan kelinci diatasnya yang hampir hanyut, tetapi ia menghembuskan nafasnya untuk mendorong kayu tersebut ke tepi sungai.


Kemudian kuda pun datang dengan si ular yang berada di kakinya yang membuat si kuda kaget. Karena kaget, kuda pun terdorong ke belakang sedikit, ular menjadi binatang keenam dan kuda ketujuh. Kambing, monyet, dan ayam datang setelah bekerja sama untuk melewati sungai tadi. Ayam menemukan kapal kecil, yang kemudian ditarik oleh monyet. Kambing melaju dan menyingkirkan rintangan seperti alang-alang yang mengganggu.


tahun-baru-cina-binatang
Foto oleh larsen9236

Dua binatang yang terakhir datang adalah anjing dan kemudian babi. Anjing hampir terlambat karena ia terlalu senang main di sungai dan nyaris lupa bahwa ia harus pergi ke Kaisar Giok. Dan babi pun menjadi binatang terakhir karena ia merasa lapar dan lantas ketiduran di tengah jalan. Setelah babi datang, Kaisar pun menentukan tahun-tahun di kalender sesuai dengan kedatangan binatang yang sudah tiba. Dan hingga sekarang kepercayaan ini masih diikuti oleh beberapa orang sebagai penanda tahun untuk mereka.

Bagaimana menurut kalian? Bagi yang percaya dengan shio, apa sih shio kalian? Coba berikan komentar kamu di kolom dibawah ini ya!
SHARE & COMMENT