streatwear indonesia

Momen Sejarah: Track Pants Itu Dari Mana Sih?

19 Feb 2019

 

fakta-track-pants


Halo lagi Pop Patriotics! Penasaran aja nih, kalian ada yang pernah punya sweatpants atau track pants tidak? Sebagai celana yang biasa dipakai untuk olahraga, kegunaan mereka sangat beragam. Mulai dari malas-malasan dirumah, hingga dipakai untuk streetwear, track pants ini benar-benar aneka guna! Berikut 5 fakta mengenai track pants yang sering kita pakai! Udah tau semuanya nggak?

1. Pertama dibuat di Perancis


Dibuat oleh Émile Camuset, selaku penemu brand Le Coq Sportif (Le-kokh-sportiif, huruf i-nya agak dipanjangin dikit). Le Coq Sportif pertama berdiri di Perancis di tahun 1882. Jadi sebenarnya sweatpants ini sudah ada sejak dulu loh!


2. Warna awalnya hanya abu-abu


Melalui Le Coq Sportif, Émile Camuset sengaja membuat sweatpants berwarna abu-abu. Selain itu, tujuan dari track pants adalah agar pemakainya (biasanya atlet) selalu merasa nyaman saat mereka bergerak.


fakta-track-pants

3. Biasanya dibuat dari bahan katun atau polyester.


Dari bahan-bahan tersebut, biasanya dengan teknik heavy knit. Kemudian, karena tujuannya agar santai dan nyaman, lebih enak kalau yang dipakai itu adalah track pants yang agak longgar, biar ada baggy look nya. 

4. Dulunya hanya dipakai di acara olahraga


Sebelum kita pakai sebagai celana sehari-hari dengan hoodie atau sweater yang nyaman sebagai streetwear untuk jalan-jalan keluar, track pants hanya dipakai di pekan olahraga.

5. Sempat menjadi pakaian terlarang


Di tahun 1980-an, karena sering ditempelkan dengan budaya hip-hop yang di tahun itu dianggap keras dan tidak cocok untuk anak-anak, track pants atau sweatpants ini pernah dilarang!


fakta-track-pants

Dari lima fakta ini, mana yang paling membuat kamu kaget? Kami sempat kaget sih membaca bahwa track pants, yang memang sering dipakai dimana-mana ini sampai dilarang di beberapa tempat seperti nightclub atau restoran. Gimana? Mau nambahin koleksi sweatpants atau wardrobe kamu biar OOTD kamu lebih kece? Ayo cek disini!

SHARE & COMMENT