streatwear indonesia

Gen Z, ini yang harus kamu perhatikan di pemilu pertamamu

15 Apr 2019

 

Pop Patriotics, buat kalian generasi Milenials, pasti hampir semuanya sudah pernah mengalami yang namanya Pemilu Presiden. Tapi, buat temen-temen Generasi Z, 17 April 2019 besok bakalan jadi pemilu pertama kalian.

Nah buat kalian yangbaru pertamakali nyoblos, yuk simak apa aja sih yang harus kalianpersiapkan di pemilu besok!


1. Kenali Partai Politik dan calon legistlatif pilihanmu

 

Mengenal partai politikyang bakalan kamu pilih merupakan hal penting yang harus kalian persiapkan.Kalian harus memperhatikan dengan baik visi-misi partai dan program kerja yangsudah mereka siapkan selama masa kampanye untuk masa kepemimpinan mereka jikaterpilih, kemudian tentukan perwakilan partai mana yang akan kalian dukung.

 

Sebagai informasi, totalpartai politik yang akan berpartisipasi dalam pemilu 17 April 2019 besokberjumlah enam belas partai. Selain dua belas partai lama yang nama-namanyasering disebutkan di televisi, ada empat partai baru juga yang ikut meramaikanpesta demokrasi pertama kalian nih.

 

2. Ada 5 Kertas Suaradengan 5 Warna Berbeda




Setelah kamu sudah tau visi-misi dan program kerja para calon wakil rakyat yang akan kamu pilih, sekarang kamu harus pahami lima kertas suara dengan 5 warna berbeda yang akan kamu coblos besok. Nah, jangan sampai kamu tertukar atau bahkan bingung ya.

 

  • Yang pertama ada surat suara berwarna abu-abu. Surat suara ini untuk memilih pasangan calon presiden dan wakil presiden.

 

  • Yang kedua ada surat suara berwarna kuning. Surat suara ini untuk memilih anggota DPR RI

 

  • Ketiga ada surat suara berwarna merah untuk memilih anggota DPD

 

  • Keempat, ada surat suara berwarna biru untuk memilih anggota DPRD Provinsi

 

  • Dan terakhir surat suara berwarna hijau untuk memilih anggota DPRD Kota / Kabupaten.

 

Perlu kalian perhatikan juga nih, kalau kertas suara untuk pemilu DPR dan DPRD hanya mencantumkan nama-nama caleg dari partai masing-masing tanpa menampilkan gambar wajah mereka. Sementara untuk kertas suara DPD serta presiden dan wakil, akan memiliki gambar di dalamnya.

 

Jadi sebelum kalian masuk ke dalam bilik suara, penting buat kalian untuk mengetahui mana yang akan kalian pilih terutama untuk caleg DPR dan DPRD, pastikan kalian tau betul dari partai mana dan namanya siapa supaya menghindari kesalahan coblos.

 

Nah jadi gimana guys, untuk first time voters,  kalian sudah siap untuk memilih calon wakil rakyat dan pemimpin kita yang baru? Jangan lupa, siapa pun pilihan kalian, kita tetap satu Indonesia.

 

#LoveAndActionForIndonesia #BebasMilih #DamnILoveIndonesia

SHARE & COMMENT