streatwear indonesia

3 Hal Penting Yang Harus Kamu Perhatikan Ketika Berpuasa

02 May 2019

 

Sebentar lagi bulan Ramadhan akan datang nih Pop Patriotics, maka selama satu bulan lamanya umat Muslim di Indonesia akan melaksanakan ibadah puasa. Buat kalian yang menjalankan ibadah puasa nih, jangan lupa untuk memperhatikan 3 hal penting dibawah ini agar ibadah puasa kalian lancar.

1. Mengonsumsi makan-makanan yang bergizi


Pola makan saat berpuasa tentunya berbeda dengan pola makan kita sehari-hari. Selama berpuasa, jangan pernah melewatkan makan sahur ya Pop Patriotics, karena makan sahur akan membantu untuk menjaga metabolisme tubuh kamu agar tetap dalam kondisi normal.

Pilihan menu makan selama berpuasa juga patut diperhatikan lho gengs, jangan jajan atau makan sembarangan, terutama untuk kalian yang jauh dari rumah nih uhuk uhuk anak kos misalnya. Pastikan untuk memenuhi gizi yang diperlukan tubuh, kamu mendapatkan karbohidrat kompleks, serat, vitamin, dan mineral.

Karbohidrat kompleks dapat kamu peroleh melalui oatmeal, lentil, kacang-kacangan dan biji-bijian. Karbohidrat kompleks ini akan membantu menjaga lambung tetap dalam kondisi kenyang karena menu tersebut dicerna lebih lambat lho. Kemudian asupan serat, dapat kamu peroleh dari sayuran hijau dan buah-buahan. Dua hal tersebut juga mengandung vitamin dan mineral yang cukup untuk tubuh, apalagi kalau kamu memilih sayur mayur seperti bayam, brokoli, dan wortel. Ketiganya kaya dengan antioksidan dan Vitamin B yang baik untuk kesehatan. Jika bosan, coba variasikan menu tersebut dengan ditumis, jus, maupun menjadi salad. Selain itu serat juga membuatmu terhindar dari konstipasi atau sembelit selama menjalankan ibadah puasa.

2. Konsumsi Air Mineral


Nah, ini nih yang paling sering terlupakan selama berpuasa. Ketika sahur, karena masih mengantuk dan buru-buru mau kembali tidur, hanya minum air mineral sedikit. Lalu ketika berbuka puasa biasanya malah langsung minum es campur dan teman-temannya, terlupakan deh air mineralnya.

Nah lho, padahal idealnya tubuh memerlukan kurang lebih sebanyak dua liter air mineral per harinya. Gimana dong untuk memenuhi kebutuhan tersebut selama bulan puasa yang notabene sejak imsak hingga maghrib tidak boleh makan dan minum? Nah, menurut dr Dian Permatasari, M.Kes, S.pGK, yang merupakan ahli gizi klinis di Tangerang, dikutip melalui sains.kompas.com idealnya kita bisa melakukan pola 2-4-2. Bukan formasi tim sepakbola, tapi 2 gelas air mineral ketika sahur, 4 gelas dari berbuka hingga 2 gelas lagi menjelang tidur. Dengan demikian, asupan air mineral ideal dalam satu hari niscaya akan terpenuhi.

Jangan lupa ya gengs, supaya kita gak dehidrasi, panas, dalam atau bahkan radang tenggorokan. Tubuh pun akan terasa segar dan sehat deh pasti selama menjalankan ibadah puasa.

3. Istirahat yang cukup


Nah ini pun selalu jadi hal yang dianggap sulit. Terkadang, ada lembur, ngerjain tugas, dan berbagai macam hal yang membuat kita kurang istirahat karena waktu istirahat akan terpotong oleh sahur. Kemudian biasanya nih kita bakalan balas dendam dengan tidur sampai siang hari. Wah, padahal lho gengs ternyata dokter spesialis penyakit dalam di RSCM, Ari Fahrial Syam, dikutip dari republica.co.id, tidur siang saat berpuasa siang hari malah akan membuat tubuh terasa lemas lho.

Pada saat melakukan ibadah puasa, baiknya kita tetap melakukan aktivitas sehari-hari seperti biasanya, karena tubuh kita sudah dipersiapkan ketika makan sahur lho. Sahur ini sudah cukup untuk memberikan energi seharian selama berpuasa untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Kemudian hindari begadang, jika tidak ada hal-hal yang begitu penting, sangat disarankan untuk langsung istirahat setelah melakukan ibadah taraweh.

Jadi itulah Pop Patriotics, tiga hal paling penting yang harus sangat kamu perhatikan selama berpuasa ya. Terapkan pola hidup sehat, supaya ibadah puasa kita lancar.

Selamat berpuasa dari Tim DAMN! I Love Indonesia

#DAMNILoveIndonesia #Persiapanpuasa #puasa #ramadhan #ThreadingTogetherness
SHARE & COMMENT