5 Budaya Ekstrem Tapi Unik yang Cuma Dimiliki Indonesia

Pop Patriotics, budaya Indonesia apa sih yang kalian tau? For your information, budaya kita tuh nggak cuma sekadar Tari Kecak atau Tari Jaipong aja, lho. Nggak juga cuma seni wayang atau sendratari.

 

Nah, sekarang waktunya kalian buat tau 5 tradisi dan budaya yang ekstrem sekaligus unik yang cuma dimiliki sama Indonesia.

 

  1. Ritual Tiwah - Kalimantan Tengah

 

Di Kalimantan Tengah ada tradisi khusus yang biasanya dilakukan buat orang yang sudah lama meninggal. Upacara Tiwah ini biasanya dilakukan sama mereka yang berasal dari suku Dayak buat nganterin tulang orang yang sudah meninggal ke sebuah rumah yang mereka sebut Sandung. Menurut kepercayaan mereka, tujuan dari ritual ini untuk meluruskan perjalanan arwah menuju Lewu Tatau atau surga. Nggak cuma itu, ritual Tiwah juga bertujuan untuk ngebuang sial dari keluarga yang ditinggalkan.

 

  1. Tradisi Potong Jari – Papua

 

Asli, denger namanya aja udah merinding banget ya? Beneran potong jari nih? Iya bener. Tradisi yang terbilang ekstrem ini memang sudah banyak ditinggalkan oleh suku Dani. Potong jari adalah tradisi untuk menunjukan kesedihan karena ditinggal oleh anggota keluarga. Buat suku Dani sendiri, jati mempunyai arti yang lebih dalam, disimbolkan sebagai bentuk kerukunan, kebersatuan, dan kekuatan dalam diri manusia ataupun sebuah keluarga. Jadi ketika ada keluarga yang meninggal, potong jari juga jadi simbol kepergian mereka.

 

  1. Gigi Runcing Suku Mentawai – Kalimantan

Nah, kalo yang ini apa lagi nih? Gigi runcing? Buat mereka yang asli suku Mentawai, wanita bisa dibilang cantik kalau sudah memenuhi tiga kriteria. Pertama, telinganya yang panjang. Kedua, tubuhnya dihiasi titi atau tato. Ketiga, giginya yang runcing. Tradisi untuk meruncingkan gigi ini diyakini akan menambah kecantikan sang wanita. Eits, tapi Pop Patriotics abis baca ini jangan langsung pergi ke dokter gigi buat minta runcingin giginya, ya..



  1. Kebo-keboan - Banyuwangi

 

Ritual yang rutin diadakan setahun sekali ini selalu diadakan setiap tanggal 10 Suro atau 10 Muharam di desa Alasmalang, Singojuruh, Banyuwangi. Apa sih sebenernya kebo-keboan itu? Dalam upacara ini, laki-laki diwajibin buat berdandan kaya kerbau dan harus mau berkorban buat ngebajak sawah. Nah setelah mereka selesai ngebajak sawah, mereka akan diarak keliling desa yang biasanya juga disertai karnaval kesenian rakyat. Ternyata, ritual kebo – keboan ini bertujuan buat meminta hujan ketika musim kemarau.

 

  1. Tradisi Adu Betis – Sulawesi Selatan

 

Berhubung banyak banget masyarakat Indonesia yang berprofesi sebagai petani, mereka jadi punya banyak cara unik buat mengucap syukur ketika musim panen.

Salah satunya di Dusun Paroto, Desa Sanaeko, Barebbo, Bone, Sulawesi Selatan yang melakukan tradisi adu betis. Apa lagi tuh adu betis? Tradisi ini dilakukan lewat permainan Malanca. Intinya para pemuda harus mengeluarkan kekuatannya agar bisa ikut serta dalam tradisi adu betis ini.

 

Gimana, Pop Patritics? Nggak cuma unik, tradisi Indonesia ternyata banyak yang ekstrem juga, ya. Pasti banyak yang kalian belum tahu juga kan? Nah, coba dong ceritain tradisi unik Indonesia apa yang pernah kalian liat, atau bahkan kalian ikutin. Atau mungkin tradisi unik dari daerah asal kalian yang banyak orang belum tau. Share ya cerita kalian lewat komen di bawah sini atau bisa juga mention kita di @_damniloveindo.

Comments

Recomended Articles