5 Tips Hadapi Banjir, Nomor satu penting banget!

 

Pop Patriotics, wah hujan yang nggak berhenti dari semalem ternyata udah bikin banjir kota Jakarta dan sekitarnya lagi aja nih. Setelah banjir besar-besaran waktu tahun baru 2020 kemarin, ternyata banjir dateng lagi nih. Buat kalian yang terkena dampak banjir di daerah manapun, ini beberapa tips yang bisa kalian ikuti.

  1. Jangan Berenang

Nah, buat kalian yang wilayah rumahnya terkena dampak banjir besar, jangan berenang, berjalan dan nekad ngelewatin banjir ya. Usahain buat ngejauh dan beralih ke tempat tinggi, soalnya kan nggak ada yang tau tentang kedalaman air atau serangan hewan yang nggak keliatan waktu banjir. 

2. Mengungsi

Mengungsi jadi salah satu pilihan buat yang udah nggak bisa lagi berlindung di rumah masing-masing. Apalagi buat kalian yang nggak punya lantai kedua buat berlindung. 

3. Selalu Pantau Informasi

Penting banget buat selalu update informasi terbaru, termasuk jalur evakuasi atau pusat bantuan terdekat.  Kalian juga harus selalu update informasi soal kemungkinan banjir selanjutnya. 

4.Simpan Dokumen Penting

Selagi masih bisa menyelamatkan barang di rumah, dokumen penting lah yang seharusnya diselamatkan pertama kali. 

5. Matikan sumber listrik

Buat wilayah yang nggak terkena pemadaman pusat, kalian harus inisiatif buat matiin sumber listrik biar nggak bikin konslet yang berujung kebakaran nantinya. 

Nah, Pop Patriotics situ dia tips-tips dan langkah darurat yang bisa kalian lakuin sewaktu darurat kaya banjir sekarang ini. Stay safe buat kalian semua yang wilayahnya rawan dan berpotensi banjir. Selalu siaga dan jangan lupa buat terus berdoa biar nggak ada musibah kaya gini lagi di wilayah manapun. Once again, Stay Safe Everyone!

Comments

Recomended Articles