Ardhito Pramono Jadi Trending.......

 

Pop Patriotics, kalian masih inget nggak apa yang kalian post di Facebook 10 tahun yang lalu? Atau apa yang kalian tulis di Twitter waktu kalian masih SMP? Atau postingan Instagram pertama kalian? Kalo kalian lupa, coba deh buka-buka lagi akun sosial media kalian, baca-baca postingan lama kalian dan mikir lagi “Kenapa ya waktu itu gue nulis kaya gitu?” Jejak digital emang bisa dibilang kaya pisau bermata dua sih, guys. Bisa nyimpen memori kita di sana selamanya tapi juga bisa jadi pisau yang nusuk kita sendiri.

 

Baru-baru ini Ardhito Pramono, si penyanyi Jazz yang jadi salah satu cast film NKCTHI itu, jadi trending karena tweet-tweet lamanya di Retweet sama orang dan alhasil muncul seakan-akan itu tweet baru. Postingan lama Ardhito jelas bikin heboh karena tulisannya yang kurang sopan dan juga sedikit mengandung SARA. Padahal, tweet itu dia tulis udah lama banget, waktu masih sekitar 14 tahun dan jelas nulisnya nggak pake mikir panjang dulu.

 

Sebenernya itu tuh sama aja kaya kita, kan? Bedanya ya cuma karena dia jadi public figure, di mana semua kelakuan dia bakal jadi sorotan publik. Banyak dari kita yang mungkin dulu juga sering nulis status atau nge-upload foto tanpa mikir panjang dulu kaya sekarang. Kalau sekarang, selain karena bertambahnya umur, kita juga udah makin sadar kalo kita nggak bisa selalu nulis apapun yang kita mau di akun sosial media kita. Walaupun gimana juga, sosial media kan masih tetetp jadi ranah publik yang bisa diakses sama semua orang, kapanpun juga.

 

Belajar dari pengalaman Ardhito yang sempet viral di Twitter kemarin, sebenernya ya gimana sih kita harus bersikap dan nanggepin postingan lama seseorang? Jelas, kita harus inget kalo dia yang sekarang mungkin aja udah nggak bakalan nulis hal-hal kaya gitu. Selanjutnya, kita bisa tanya aja ke orangnya langsung tentang apa tujuan dia nulis kaya gitu. Jadi, nggak seharusnya kita langsung ngejudge orang itu semata-mata gara-gara postingan lama di sosial medianya.

 

Another thing that we can learn from this, also about how to be responsible for anything that you write or post. Kalo ada kasus kaya gini, jadi tau kan gimana kita harus bersikap di sosial media? Jejak digital stays forever, guys. Walaupun udah dihapus, bisa aja udah disimpen sama orang lain dan bakalan terus ada. So, penting banget buat kita untuk mikir dua kali sebelum nulis atau ngeposting hal-hal yang nantinya mungkin bakalan ngerugiin diri kita sendiri. 

 

Pop Patriotics, sosial media harusnya bisa jadi alat yang ngebantu, bukan yang ngejerumusin kita. So, please be a responsible social media user.

Comments