Bagaimana Seharusnya Ekspresikan “Self Love”?

Pop Patriotics, pasti kalian tau kan soal foto dari aktris Tara Basro yang sempet heboh di media sosial? Foto yang diupload di akun media sosialnya itu, sebenernya punya satu pesan yang positif, yaitu buat ngajak orang-orang bisa semakin menghargai dan menerima kekurang dalam dirinya. Sempet dianggap salah sama beberapa pihak, foto yang di-uploadnya ini malah dapet peringatan dan dianggep jadi satu hal yang negatif. 

Walaupun begitu, masih banyaaakk banget orang-orang yang ngedukung campaign dari Tara Basro buat “self-love” ini. Sebenernya, apa sih “self-love” itu? Self love, secara harafiah bisa diartiin sebagai mencintai diri sendiri. Kalo kita selama ini sibuk mencintai orang lain, kita mungkin lupa buat cinta sama diri kita sendiri. Kalo kita mungkin selalu berusaha ngeluarin kata-kata yang positif buat orang lain, kita malah cenderung ngatain diri sendiri pake kata-kata negatif, yang sebenernya nggak akan kita sampein ke orang lain. 

Terus gimana sih caranya buat “self-love”?

Sebenernya simple aja sih, dengan cara menerima keadaan diri kita sendiri. Eits, tapi ternyata nerima keadaan diri sendiri jadi semakin sulit, lho di era digital ini. 

Kok bisa sih?

Ya, dengan standar kecantikan dan kesempurnaan yang tinggi, dengan semua kesempurnaan yang ditampilin di media, bikin orang jadi semakin nggak percaya diri. Bahkan, jadi nuntut diri sendiri buat ngikutin kesempurnaan itu. No one is perfect, we are still human. Beauty portrayal yang selama ini kita lihat itu cuma permukaan luarnya aja kok, nggak tau deh sebenernya mereka kaya gimana. Nah, makanya kita jangan cuma fokus buat ngerubah fisik kita tapi juga sekaligus ningkatin kualitas diri kita sendiri. 

Emang salah ya?

 

Nggak salah sebenernya, selama bisa bikin motivasi diri kita sendiri jadi lebih baik. Tapi, udah jadi salah ketika kita terus-terusan ngebenci dan nggak bisa terima keadaan diri sendiri. Sebenernya, kalo kita aja nggak bisa sayang sama diri kita sendiri, gimana orang lain bakal bisa sayang juga sama kita?

Yaudah deh, gue terima diri gue apa adanya, jadi nggak papa deh gendut gini 

Nah, persepsi ini nih yang masih suka salah. Makna self love, selain kita nerima keadaan diri kita sendiri, tapi kita juga tetep harus ngejaga dan berusaha yang terbaik buat tubuh kita. Misalkan, kalo biasanya tujuan dari olahraga supaya bisa kurus, coba diubah mindsetnya supaya bisa sehat. Nah, itu namanya ngasih yang terbaik buat badan kita sendiri. Contoh lainnya lagi misalkan perawatan di salon, lakuin itu karena emang diri kalian pantes buat dapetin itu semua. 

Pop Patriotics, balik lagi soal foto Tara Basro yang nyampein pesan body positivity lewat fotonya yang nunjukkin bagian perutnya yang agak bergelambir. Sebenernya pesen dia simple loh, mau nunjukkin kalo dia, seorang Tara Basro, an actress aja tuh sebenernya punya kekurangan yang sama kaya kita. They are humans too. Being an actress ternyata nggak bikin diri dia jadi harus sesempurna dan serupa bidadari. 

“Beauty begins the moment you decided to be yoursel.” - Coco Chanel. 

Comments

Recomended Articles